Breaking News:

Pemilu 2024

Pemilu 2024, Survei SMRC: Tren Elektabilitas Partai Demokrat Naik di Bawah Kepemimpinan AHY

Elektabilitas Partai Demokrat naik dua persen kurun empat bulan terakhir di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Twitter @PDemokrat
Benny K Harman mengatakan, AHY satu-satunya tokoh nonpejabat publik yang masuk dalam papan 15 besar elektabilitas, pada urutan keenam. Foto dok: Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berpidato pada peringatan HUT ke-20 Partai Demokrat 10 September 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sempat diguncang prahara perpecahan, elektabilitas Partai Demokrat menurut survei  yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), terbukti tidak anjlok.

Sebaliknya, partai berlambang bintang mercy itu malah naik elektabilitasnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu sempat digelar Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Deli Serdang, yang menempatkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB.

Namun, usaha Partai Demokrat versi KLB untuk mendapat pengakuan legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM tidak berhasil.

Survei SMRC melaporkan, elektabilitas Partai Demokrat naik dua persen kurun empat bulan terakhir di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Politisi Partai Demokrat Benny K Harman
Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Benny K Harman menanggapi hasil survei SMRC menyatakan, dari sembilan partai politik (Parpol) di DPR, AHY ketua umum Parpol berpotensi memimpin bangsa ini ke depannya. Politisi Partai Demokrat Benny K Harman (KOMPAS.com/Indra Akuntono)

Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Benny K Harman menanggapi hasil survei SMRC menyatakan, dari sembilan partai politik (Parpol) di DPR, AHY ketua umum Parpol berpotensi memimpin bangsa ini ke depannya.

"AHY satu-satunya tokoh nonpejabat publik yang masuk dalam papan 15 besar elektabilitas, pada urutan keenam," kata Benny dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Anggota Komisi III DPR itu menegaskan, dengan jabatan hanya ketua umum, AHY berhasil mencapai popularitas hingga 67 persen.

Baca juga: Pemilu 2024, Survei Terbaru: Empat Besar Parpol Makin Kompetitif, PSI Jadi Kuda Hitam

Baca juga: Pemilu 2024: Tolak Usulan Pemerintah, F-PDIP Setuju Pemungutan Suara Dilaksanakan 21 Februari

Benny menilai itu menjadi sinyal jika AHY bisa melakukan sesuatu yang lebih agresif bagi kepentingan masyarakat umum.

Sejumlah Parpol kelas menengah mengalami kenaikan tren elektabilitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved