HUT TNI

HUT ke-76 TNI, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto: Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjanjanto mengatakan, profesionalisme dan pengabdian TNI adalah bukti kesetiaan prajurit TNI untuk bangsa dan NKRI.

Kompas TV
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di HUT ke-76 TNI di Jakarta, Selasa (5/10/2021), meminta agar seluruh prajurit TNI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kemanunggalan dengan rakyat. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR -- Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia diselenggarakan di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Saat memberikan laporan kepada Inspektur Upacara HUT ke76 TNI Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/10/2021), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjanjanto mengatakan, para prajurit TNI yang sedang bertugas di luar negeri seperti Libanon juga ikut memperingati HUT TNI.

Hadi Tjahjanto meminta agar seluruh prajurit TNI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kemanunggalan dengan rakyat.

"Bersatu, berjuang, kita pasti menang, untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia," kata Marsekal Hadi dalam tayangan video di Twitter Puspen TNI, Selasa (5/10/2021).

Panglima TNI mengatakan hal itu dalam rangka menyambut HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) ini mengatakan profesionalisme dan pengabdian TNI adalah bukti kesetiaan prajurit TNI untuk bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Perjuangan Nakes, TNI, Polri Vaksinasi Nelayan Muaragembong, Tempuh Jarak Jauh ke Lokasi Terpencil

"Kesetiaan TNI juga terwujud dalam melaksanakan tugas menghadapi berbagai ancaman yang semakin kompleks," tuturnya.

Seperti, mengawal dan menjaga perbatasan pulau-pulau terdepan, hutan dan gunung, samudra dan angkasa raya yang luas sampai dengan ruang isolasi dan perawatan masyarakat yang terpapar COVID-19.

"Terima kasih atas dedikasi, loyalitas, pengorbanan, dan pengabdian tulus yang telah diberikan," kata Marsekal Hadi.

Acara puncak peringatan HUT Ke-76 TNI digelar di Istana Merdeka Jakarta Pusat, di mana Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Baca juga: Daftar Menteri Isu Reshufle Kabinet, Andika Perkasa Panglima TNI atau Kepala BIN? Penjelasan Istana

TNI menampilkan 112 alat utama sistem senjata (alutsista) di sekitar Istana Merdeka tepatnya di sepanjang Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, dan Jalan Merdeka Utara.

"Gelar alutsista tersebut merupakan bentuk perwujudan kekuatan TNI saat ini dan sebagai laporan kepada Presiden RI serta masyarakat bahwa anggaran yang diberikan pemerintah kepada TNI salah satunya digunakan sebagai pengadaan kebutuhan alutsista untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari gangguan, hambatan, ancaman, dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Minggu (3/10/2021).

Beberapa jenis alutsista yang akan ditampilkan, yaitu:

Baca juga: Dalam Rangka Peringati HUT TNI ke-76, Sekitar 112 Alutsista Dipamerkan di Jalan Medan Merdeka Utara

- Dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout,

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved