Universitas Budi Luhur dan UPN Veteran Jakarta Mulai Sosialisasi PTM Terbatas

Ada banyak hal yang harus kami siapkan. Kami harus mempersiapkan yang namanya kuliah hybrid dan blended learning

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Agus Himawan
Istimewa
Suasana vaksinasi covid-19 yang digelar Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan pada Minggu (1/8/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah kampus di Jakarta Selatan belum melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada semester ganjil 2021/2022.

Namun demikian, pengelola sudah mulai melakukan sosialisasi kepada para mahasiswa terkait rencana PTM.
Seperti yang dilakukan Universitas Budi Luhur (UBL) di Pesanggrahan dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta di Pondok Labu. Baik UBL maupun UPN Veteran Jakarta masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi mahasiswanya.

Rektor UBL Wendi Usino mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan PTM terbatas. “Ada banyak hal yang harus kami siapkan. Kami harus mempersiapkan yang namanya kuliah hybrid dan blended learning,” ujar Wendi.

“Lalu persiapan kelasnya, yang semula kapasitasnya 50-60 (mahasiswa), kami harus bagi dua,” ujarnya.  Kuliah hybrid adalah sistem perkuliahan campuran antara kuliah tatap muka dan kuliah daring.

Sedangkan, blended learning atau pembelajaran campuran merupakan metode belajar di mana proses belajar tatap kelas berpadu dengan pembelajaran daring atau e-learning.

Baca juga: Universitas Budi Luhur Gelar Vaksin Covid-19 Massal tanpa Acuan Usia dan KTP

Dengan akan dimulainya PTM terbatas, artinya mahasiswa sudah boleh ke kampus dengan sejumlah syarat. “Yang boleh ke kampus itu harus sudah divaksin, harus bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi. Kami akan menjajaki pakai aplikasi PeduliLindungi,” tuturnya.

Ia berharap seluruh mahasiswanya sudah menerima vaksinasi coronavirus disease atau Covid-19. “Tidak ada alasan untuk tidak vaksin, karena kami menjadi sentra vaksin, kecuali yang di luar kota atau memang secara medis dilarang untuk vaksin,” katanya. Rencananya, UBL memulai PTM terbatas pada minggu kedua Oktober 2021.

Sementara, UPN Veteran Jakarta memulai sosialisasi PTM terbatas kepada mahasiswa pada Selasa (5/10). “UPN Veteran Jakarta dijadwalkan akan memulai PTM terbatas usai ujian tengah semester atau dua minggu mendatang,” uajr Kepala UPT Humas UPN Veteran Jakarta, Windhi T Saputra.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved