Breaking News:

Berita Video

Live Talkshow Kesehatan, Kenali Gangguan Nyeri Pada Rahang dan Penanganannya

pada sudut pandang medis timur, yakni secara akupuntur, syaraf jantung melalui area kelingking hingga ke bagian rahang

Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Program LIVE Talkshow Kesehatan Warta Kota Jumat (1/10/2021) pekan ini bersama Drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati membahas tentang "Nyeri Rahang Bawah, Bagaimana Cara Mengatasinya?".

Rahang bawah memiliki fungsi untuk makan dan berbicara, termasuk punya peran besar terhadap kecantikan.

Dokter Anas mengatakan, ada perbedaan antara nyeri rahang dengan nyeri di sendi rahang.

Namun gangguan persendian memang bisa memicu nyeri pada rahang.

"Pada kejadian gangguan, atau serangan jantung, secara medis belum ada penjelasan kaitannya dengan rahang, namun pada sudut pandang medis timur, yakni secara akupuntur, syaraf jantung melalui area kelingking hingga ke bagian rahang, jadi salah satu tanda serangan jantung memang banyak dikaitkan dokter dengan rahang," ujarnya. 

Ia mengatakan, pada kasus lain, nyeri rahang bisa dipicu pada trauma akibat kejadian fraktur, misalnya terkena pukulan, terbentur keras, jatuh, dan lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan, lanjutnya, bahwa nyeri rahang bisa terjadi tiba-tiba, misalnya hanya saat makan, mengunyah makanan yang keras.

"Hal lain adalah infeksi jaringan lunak di bagian gigi dan mulut, rasa sakit bisa merembet ke area rahang, memang harus konsultasi segera ke dokter karena bisa sja perlu penanganan segera atau emergency," tuturnya.

drg Anas bercerita, ada kasus nyeri pada rahang atas yang sakitnya merembet hingga naik ke area mata hingga pelipis.

"Tengkorak kita bukan compact atau padat, tetapi ada rongga-rongga, makanya kepala terasa ringan. Pada orang yang ambang batas rasa sakitnya rendah, sakit bisa menjalar kemana-mana termasuk rahang. Namun ada juga yang ambang batasnya tinggi, sehingga meski ada pemicu rasa nyeri tapi dia tetap santai," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved