Prakiraan Cuaca

Cuaca Jakarta Jumat Siang Didominasi Hujan Ringan, Pintu Air Pasar Ikan Siaga 3

BMKG memprakirakan, cuaca wilayah DKI Jakarta pada awal bulan Oktober ini didominasi hujan ringan pada siang hari.

Warta Kota/Soewidia Henaldi
Hari ini cuaca Jakarta didominasi hujan ringan pada Jumat (1/10/2021), sementara cuaca di sekitar Bendung Katulampa Bogor mendung tipis. Foto ilustrasi: Bendung Katulampa Bogor. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Mengawali hari pertama di bulan Oktober, berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, cuaca wilayah DKI Jakarta didominasi hujan ringan pada Jumat (1/10/2021) siang.

Dikutip dari laman resmi, Jumat, BMKG memprakirakan, setelah hujan ringan di dua wilayah pada pagi hari, yakni di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, hujan pada siang hari bergeser ke wilayah lainnya.

Jakarta Barat, Jakarta Pusat Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan mengalami hujan ringan pada siang hari, sedangkan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cuaca pada siang hari berawan.

Lalu pada malam hingga dini hari, seluruh wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan.

Kemudian mengenai rata-rata suhu di Jakarta berkisar 24-33 derajat celsius, sedangkan Kepulauan Seribu berkisar 27-33 derajat celsius.

Sementara itu, kelembaban udara di Jakarta mencapai 65-95 persen; sedangkan Kepulauan Seribu berkisar 75-90 persen.

Pintu Air Pasar Ikan Siaga 3

Lalu bagaimana kondisi tinggi muka air di seluruh pintu air di Jakarta, Bogor dan Depok pada hari ini, Jumat (1/10/2021) hari ini?

Berdasarkan rilis Dinas SDA DKI Jakarta di laman @DinasSDAJakarta, Jumat menyebutkan, sejak pukul 01.00 WIB atau 5 jam yang lalu tinggi muka air di seluruh pintu air berstatus Siaga 4 atau normal.

Tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan dan Pintu Air Marina Ancol yang biasanya "langganan" berstatus Siaga 2 atau Siaga 3, sejak pukul 01.00 WIB kondisinya normal atau Siaga 4.

Terpantau hingga pukul 02.00 WIB, belum terjadi perubahan di seluruh pintu air. Bahkan hingga pukul 06.00 WIB, level ketinggian air tidak berubah. Masih berada di posisi Siaga 4.

Perubahan terjadi pada pukul 07.00 WIB, Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara status ketinggian airnya naik ke level Siaga 3.

Baca juga: Cegah Banjir dari Sungai Cijambe, PMO Jabodetabek-punjur Angkat Sedimen hingga Pasang Jaring Apung

Baca juga: Antisipasi Banjir Jakarta, KemenPUPR Didesak Taati Regulasi Terkait Proyek Pompa Sentiong Ancol

Apa itu Siaga 3? Siaga 3 artinya, hujan yang terjadi menyebabkan terjadinya genangan air di lokasi-lokasi tertentu tetapi kondisinya masih belum kritis dan membahayakan.

Meski demikian bila status siaga III sudah ditetapkan, masyarakat sebaiknya mulai berhati-hati dan mempersiapkan segala sesuatunya dari berbagai kemungkinan bencana banjir.

Siaga 3, penanganannya diserahkan pada masing-masing suku dinas pembinaan mental dan kesejahteraan sosial (Bintal Kesos) di masing-masing wilayah.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved