Breaking News:

Kebakaran Lapas Tangerang

Sejumlah LSM Bantu Keluarga Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Mencari Keadilan

Keluarga korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang bersama sejumlah LSM membentuk koalisi untuk mencari keadilan dalam proses penegakan hukum.

Warta Kota
Ilustrasi bekas kebakaran Lapas Kelas I Tangerang - Keluarga korban kini bersama sejumlah LSM membentuk koalisi untuk mencari keadilan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, LBH Masyarakat, dan Imparsial membentuk koalisi dengan sejumlah keluarga korban kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang.

"Sekarang sudah ada enam ahli waris yang tanda tangan surat kuasa ke kami," kata Oky Wiratama, Pengacara Publik LBH Jakarta saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Karangan Bunga dari Presiden Jokowi hingga Megawati di Rumah Duka Sabam Sirait di Bintaro

 Lebih lanjut, kata Oky, koalisi ini dibentuk sebagai upaya advokasi kepada korban kebakaran lapas kelas 1 Tangerang.  

Oky menjelaskan, koalisi tersebut akan mengajukan gugatan atas dalil Perbuatan Melawan Hukum (PMH) yang dilakukan oleh pemerintah.

"Pertama SOP terkait keamanan ketika terjadi  kebakaran di Lapas tersebut belum ada," jelasnya. 

Selain soal SOP, Oky juga menyoroti minimnya kecakapan pengurus lapas dalam menangani perisitiwa berdarah yang menewaskan 49 warga binaan. 

"Kami ada saksi sipir di Lapas mengaku mereka tidak dibekali pelatihan, kalau ada kebakaran mereka harus apa saja. Lalu terkait mitigasi bencana jika terjadi kebakaran hal-hal apa saja yang dilakukan, belum ada," ungkap Oky. 

Pihak koalisi juga menaruh perhatian pada kelebihan kapasitas yang terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang.

Baca juga: Anies Sukses Persatukan Semua Lapisan Masyarakat di Transportasi Umum Lewat JakLingko Smart Apps

Ia menilai, korban yang meninggal mayoritas berada di satu aula yang sangat ramai dan sumpek.

Dari hasil investigasi yang telah dilakukan, LBH Jakarta mengaku memiliki video yang merekam detik-detik sebelum api membakar blok C2.

Baca selengkapnya di TribunBekasi.com>>>>Keluarga Korban Kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang Bentuk Koalisi agar Maksimal Mendapat Keadilan, 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved