Breaking News:

Berita Dukacita

Prosesi Pemakaman Jenazah Sabam Sirait Dilakukan Secara Adat Batak

"Secara adat Batak itu akan dimulai nanti sore pertemuan-pertemuannya dan besok prosesi adat Batak juga akan dilakukan secara full,” kata Putra.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Ramadhan L Q
Politisi PDI Perjuangan sekaligus menantu Sabam Sirait, Putra Nababan saat ditemui awak media, Kamis (30/9/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Jenazah politisi senior dan pendiri PDIP, Sabam Sirait disemayamkan di rumah duka di Jalan Depsos Nomor 34, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (30/9/2021).

Politisi PDI Perjuangan sekaligus menantu Sabam Sirait, Putra Nababan mengatakan pihak keluarga belum memutuskan kapan dan di mana lokasi pemakaman almarhum.

Ia menambahkan, hal tersebut lantaran untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat guna memberikan penghormatan terakhir untuk Sabam Sirait.

Putra yang telah 24 tahun malang melintang di dunia jurnalistik mengira almarhum akan dimakamkan dua hingga tiga hari mendatang.

“Pak Sabam ini kan bukan hanya keluarga bahkan bukan hanya PDIP dan juga DPR, DPD, dan juga banyak elemen masyarakat lainnya. Bahkan beliau pernah jadi pimpinan dari PGI (Persatu Gereja Gereja Indonesia) gitu ya,” katanya.

“Keluarga ingin juga memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk bisa memberikan penghormatan kepada Pak Sabam. Dari keluarga sendiri masih ada opsi untuk pemakamannya yakni hari Sabtu atau hari Minggu,” tambah Putra.

Sebelum meninggal pada Rabu (29/9/2021) malam karena penyakit paru-paru kronis, Putra menceritakan, Sabam Sirait cukup aktif di rumah dengan menjalankan tugasnya sebagai anggota DPD RI yang tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ia bahkan beberapa kali sempat video call dengan Sabam Sirait yang tengah sibuk untuk rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri dan sejumlah menteri lainnya.

“Jadi memang beliau itu sangat menikmati, meskipun tidak mudah untuk beliau rapat-rapat secara virtual dengan DPR. Namun kemudian itu tadi, penyakit paru-paru kronis ini yang membuat beliau harus dirawat di RS,” 

Terkait rencana almarhum dibawa ke Gedung Parlemen, Senayan, untuk penghormatan terakhir, Putra masih melihat protokol kesehatan yang diberlakukan saat ini.

“Tentunya untuk saat ini acara kegiatannya akan dipusatkan di rumah kediaman. Secara adat Batak itu akan dimulai nanti sore pertemuan-pertemuannya dan besok prosesi adat Batak juga akan dilakukan secara full,” kata Putra.

“Karena memang Pak Sabam ini punya 4 anak dan empat anaknya sudah melewati proses adat, sehingga tugas dan tanggungjawab Pak Sabam sebagai seorang ayah dan seorang Kakek dari sisi adat Batak itu sudah paripurna,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Anton, seorang staf Sabam Sirait yang mengatakan proses pemakaman tidak berlangsung hari ini.

“Tidak hari ini dimakamkannya. Karena masih ada rapat keluarga, jadi belum diputuskan,” tutur Anton. (m31)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved