Breaking News:

Pandemi Virus Corona

Airlangga Merespons Santai Kenaikan Utang Indonesia Akibat Pandemi Virus Corona

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tak hanya Indonesia uang utangnya melonjak, negara lain pun sama.

Editor: Valentino Verry
Humas Setkab/Agung
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto merespons santai kenaikan utang Indonesia akibat pandemi virus corona. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, rasio utang Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami peningkatan.

Berdasarkan paparannya dengan menggunakan data per Juli 2021, rasio Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia terhadap PDB sebesar 36,60 persen.

Baca juga: Hasil Survei Cigna Tunjukkan Indeks Persepsi Kesejahteraan Indonesia 2021 Turun

Meskipun demikian, Menko Airlangga mengungkapkan, kenaikan rasio utang ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia. Namun, kenaikan ini juga terjadi di negara-negara lain.

“Rasio utang memang naik 36 persen. Namun ini kita tidak sendirian, hampir semua negara rasio utangnya (juga) naik,” ucap Airlangga dalam webinar berjudul Optimisme Pemulihan Ekonomi, Rabu (29/9/2021).

Kenaikan jumlah utang yang terjadi di berbagai negara sejalan untuk mendukung penanganan dampak pandemi Covid-19.

Airlangga juga mengungkapkan optimisme pemulihan ekonomi nasional di tahun 2022.

Hal tersebut terlihat dari Leading Indicator sektor eksternal yang menunjukkan resiliensi yang baik di semester I-2021.

“Indikator sektor eksternal Indonesia menunjukkan kondisi yang relatif baik dan terkendali," ujarnya.

Baca juga: Zita Anjani tak Terima Disebut Parlemen Jalanan karena Menolak Interpelasi Formula E

"Tercermin dari defisit transaksi berjalan yang rendah, cadangan devisa yang terus meningkat, ekspor impor yang naik signifikan, nilai tukar rupiah dan IHSG yang terjaga, yield obligasi pemerintah yang melandai, dan rasio ULN terhadap PDB dalam level aman,” pungkasnya.

Berdasarkan data terbaru Kementerian Keuangan (Kemenkeu) seperti dilansir Kontan, posisi utang pemerintah per akhir Agustus 2021 sebesar Rp 6.625,43 triliun.

Baca selengkapnya di TribunBekasi.com>>>>>Airlangga tak Risau Rasio Utang Indonesia Terhadap PDB Naik Tinggi, Alasannya Semua Negara juga Naik, 

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved