Musik

BPIP Bedah Musik Kebangsaan, Dianggap Efektif untuk Menyampaikan Pesan Positif pada Generasi Muda

Pengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terus bergerak menyampaikan pesan positif bagi generasi muda. Kali ini lewat bedah musik.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/ign agung nugroho
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care menggelar kegiatan 'Bedah Musik Kebangsaan', di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Banten yang berlangsung secara hybrid (offline dan online) akhir pekan lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Musik adalah instrumen universal yang sangat efektif dijadikan alat penyampaian pesan. 

Bahkan, musik juga diyakini dapat menjadi media untuk melakukan internalisasi nilai-nilai kepada pendengarnya.

Hal itu, menjadi dasar pemikiran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menggelar kegiatan bertajuk 'Bedah Musik Kebangsaan', dalam rangka sosialisasi nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Penembak Ustaz Armand Hingga Tewas Tertangkap, Apa Motifnya?

 Dalam pelaksanaannya, BPIP berkolaborasi dengan Sinergy for Indonesia dan Indonesia Care yang merupakan komunitas musisi peduli kebangsaan. 

Untuk helatan tahun ini, akan berlangsung di empat wilayah di Tanah Air, yakni Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Sedangkan tahun lalu dilaksanakan di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok dan Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung.

Ahmad Doli Kurnia Tandjung, pendiri Sinergy for Indonesia mengatakan, strategi khusus dalam sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda ialah melalui kesenian. 

Menurut dia, strategi itu dilakukan guna menjawab perkembangan era teknologi informasi yang makin pesat.

Baca juga: Kemenkumham Turun Tangan Periksa Suami Olivia Nathania yang Diduga Menipu Guru Bermodus CPNS

Apalagi, lanjut Ahmad Doli, dia pernah disoraki saat menjadi pembicara dalam diskusi tentang Pancasila. Saat itu, dia dianggap tidak modern. 

Hal itu lah yang mendasarinya membentuk Sinergy for Indonesia untuk menjadi jembatan mengenalkan anak-anak muda pada nilai-nilai kebangsaan. 

Baca selengkapnya di TribunBekasi.com>>>>BPIP Kembali ‘Berulah’ Gulirkan Kegiatan Bedah Musik Kebangsaan, Ini Alasannya, 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved