Breaking News:

20 Personel Satgas SDA Selesaikan Pembangunan 19 Sumur Resapan di Pulau Untung Jawa

pembangunan sumur resapan tersebut dilakukan 20 personel Satgas Sumber Daya Air di Kelurahan Pulau Untung Jawa sudah dimulai sejak 14 September 2021.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sumur Resapan Rampung Dibangun di Pulau Untung Jawa 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu terus berupaya memperbanyak titik sumur resapan.

Salah satunya di lingkungan RT 02/03 Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu Hendri mengatakan pembangunan sumur resapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya genangan.

“Ada 19 sumur resapan yang rampung dibangun di RT 02/03 Kelurahan Pulau Untung Jawa. Sumur resapan ini dapat mencegah terjadinya genangan saat hujan dengan intensitas tinggi,” ungkap Hendri, Selasa (28/9/2021).

Hendri mengatakan pembangunan sumur resapan tersebut dilakukan 20 personel Satgas Sumber Daya Air di Kelurahan Pulau Untung Jawa sudah dimulai sejak 14 September 2021.

“Pengerjaan sudah dimulai sejak 14 September 2021 dan kini sudah selesai dikerjakan,” katanya.

Baca juga: Antisipasi Banjir dan Genangan Saat Musim Hujan, Camat Ciracas Siapkan 85 Sumur Resapan

Sumur resapan yang dibangun tersebut dibangun dengan ukuran panjang 70 cm, lebar 50 cm dan kedalaman 1,5 cm dan terkoneksi dengan saluran air di Pulau Untung Jawa.

“Sumur resapan ini langsung terkoneksi dengan saluran air menggunakan paralon sepanjang 10 meter,” tutur Hendri.

Disebutkan, sejak Januari hingga Agustus 2021, telah terbangun ratusan sumur resapan yang tersebar di enam kelurahan di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Bersasarkan data, ada 108 sumur resapan yang selesai dibangun selama Januari-Agustus 2021. Sumur resapan yang sudah direalisasikan paling banyak berada Pulau Kelapa 34 titik, kemudian Pulau Harapan 17 titik, Pulau Pari 16 titik, Pulau Pramuka 14 titik, dan Pulau Tidung 10 titik.

“Pulau Panggang dan Pulau Karya lima titik, Pulau Kelapa Dua dua titik, dan di Pulau Sebira mencapai 10 titik,” sambung Hendri.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved