Breaking News:

Pelaku Usaha Keluhkan Sulitnya Ekspor ke Luar Negeri Selama Pandemi Covid-19

Sehingga seluruh negara, melakukan antisipasi sebaik mungkin, guna menekan penyebaran Covid-19.

Warta Kota/ Gilbert Sem Sandro
Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPC- HIPPI) Kabupaten Tangerang, Teguh Supriyanto 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG -- Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPC- HIPPI) Kabupaten Tangerang, Teguh Supriyanto, menceritakan beberapa kisah sulit yang dialami pelaku usaha hingga Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) selama masa pandemi Covid-19.

Mulai dari sulitnya mendistribusikan atau mengekspor barang dan jasa ke luar negeri, hingga harus melakukan segala cara untuk survive mempertahankan usaha mereka.

"Selama masa Pandemi Covid-19 saat ini, pengusaha kondisinya sangat sulit sekali. Karena memang jalur pendistribusian barang dan jasa benar-benar terhenti," ujar Teguh Supriyanto saat berbincang dengan Wartakotalive.com, Jumat(24/9/2021).

Sulitnya mengekspor barang keluarga negeri, dikatakan Teguh, disebabkan oleh pemeriksaan yang begitu ketat atas barang yang dikirim.

Ketatnya pemeriksaan tersebut, dinilai Teguh, karena memang wabah Pandemi Covid-19 bersifat internasional.

Sehingga seluruh negara, melakukan antisipasi sebaik mungkin, guna menekan penyebaran Covid-19.

"Contohnya seperti ini, ada pengusaha kita mau ekspor ikan ke suatu negara. Tetapi ikan itu harus di teliti terlebih dahulu barangnya, untuk dinilai apakah layak atau tidak, apakah membawa virus atau tidak," terang Teguh.

"Karena memang wabah pandemi ini bersifat internasional, jadi benar-benar berat sekali untuk para pelaku usaha terutama, Kabupaten Tangerang," imbuhnya.

Kemudian Teguh juga menjelaskan, kesulitan lain yang dialami para pelaku usaha ataupun UMKM untuk tetap survive di tengah pandemi, yakni dengan melakukan berbagai efisiensi, guna menghemat biaya pengeluaran.

Seperti, menghemat biaya pengeluaran untuk bahan baku usaha, dan juga pengeluaran kepada karyawan usaha itu sendiri.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved