Breaking News:

Minta Orangtua Ajak Anaknya Ikut Vaksinasi, Anies Ingatkan Hak Vaksinasi Bagi Anak-anak

pihaknya sejak awal tidak mewajibkan peserta didik untuk disuntik vaksin terlebih dulu agar bisa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berada di SMPN 289, Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (26/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengingatkan pentingnya vaksinasi bagi anak-anak usia 12-17 tahun.

Pasalnya mereka punya hak untuk divaksin selain mendapat pendidikan. Pernyataan tersebut sekaligus menyikapi masih adanya 15 persen anak-anak di DKI Jakarta yang belum divaksin karena terkendala izin orangtua karena khawatir dengan dampak vaksinasi.

“Jadi anak itu dapat hak pertama hak atas vaksin, yang kedua hak atas pendidikan,” ujar Anies saat berada di SMP Negeri 289 Jakarta, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (26/9/2021).

“Hak atas vaksin ini orangtua yang menentukan, karena mereka adalah masih berstatus anak-anak,” sambung Anies.

Anies menambahkan pihaknya sejak awal tidak mewajibkan peserta didik untuk disuntik vaksin terlebih dulu agar bisa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Itu sebabnya kemaren ketika sekolah dibuka, diizinkan untuk masuk walaupun belum vaksin,” ungkap Anies.

Pasalnya kebijakan mewajibkan mewajibkan para peserta didik untuk disuntik vaksin agar bisa ikut PTM terbatas tidak bisa seiring sejalan karena keputusan berada di tangan orangtua.

“Kalau kita mewajibkan vaksinasi sebagai syarat masuk sekolah, sementara yang belum punya, belum dapat vaksin bukan karena kemauannya, karena (tidak ada) izin orangtua,” tuturnya.

Baca juga: Peserta Vaksinasi Anak Kota Bekasi Harus Tandatangani Formulir Persetujuan Orang Tua

Disebutkan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta memaparkan ada sekitar 15 persen anak-anak di Ibu Kota belum bisa mengikuti vaksinasi karena terkendala izin orangtua yang khawatir dengan dampaknya tersebut.

Oleh karena itu Anies mengimbau orangtua agar mengizinkan anak-anaknya untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved