Breaking News:

Advertorial

Waspada! Bukan Covid-19, Ini Penyakit Paling Mematikan di Indonesia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stroke adalah penyakit dengan angka kematian tertinggi kedua di dunia.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Madu Bima 99
Kini, Madu Bima 99 telah bisa Anda dapatkan di apotek, toko obat, dan outlet-outlet lainnya di kota Anda. 

WARTAKOTALIVE.COM — Setiap orang tentu berharap memiliki hidup sehat dan panjang umur. Tetapi, pada kenyataannya, manusia selalu dihantui oleh kemungkinan terkena penyakit, mulai dari yang ringan hingga yang kronis dan mematikan.

Sebagian besar orang menganggap penyakit mematikan adalah penyakit yang berkembang dengan cepat dan tidak mudah ditangani. Misalnya Covid-19.

Di Indonesia, angka kematian akibat Covid-19 telah menembus 100 ribu dalam satu bulan terakhir. Dilihat dari rasionya, kasus kematian akibat penyakit menular itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa, tetapi juga di wilayah lain, seperti Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Hal tersebut menjadikan kasus Covid-19 di negara kepulauan terbesar di dunia ini jadi sorotan dunia. Dan, menambah panjang rapor merah pemerintah dalam penanganan pandemi itu. 

Meski dapat menyebar dengan cepat, tahukah Anda bahwa Covid-19 bukanlah penyakit paling mematikan di Indonesia?

Ada jenis lain yang lebih berbahaya, yaitu penyakit yang berkembang dengan lambat dan dapat dipantau. Apa itu?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stroke adalah penyakit dengan angka kematian tertinggi kedua di dunia dan tertinggi ketiga dalam mengakibatkan kecacatan.

Sedangkan di Indonesia merupakan penyakit tidak menular penyebab kematian nomor satu setiap tahun, berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI.

Pada tahun 2018, jumlah penduduk Indonesia yang mengalami stroke sebesar 10,9 per 1.000 orang, atau sebanyak 2.120.362 jiwa.

Kalimantan Timur dan Yogyakarta menjadi daerah dengan prevalensi atau jumlah kasus tertinggi. Sementara Maluku Utara dan Papua mempunyai prevalensi terendah.   

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved