Breaking News:

Virus Corona

Mau Konsultasi Dokter Secara Online? Ini Tipsnya agar Konsultasi Maksimal

Konsultasi dokter secara daring umumnya menggunakan fitur chat. Namun, aplikasi ini memungkinkan pasien berkonsultasi melalui video call.

Editor: Eko Priyono
Dok Lifepack
ilustrasi - layanan kesehatan online atau dokter online 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Biasanya, konsultasi dokter secara dalam jaringan atau daring (online) dilakukan menggunakan fitur chat. Namun, aplikasi ini memungkinkan pasien berkonsultasi langsung dengan dokter melalui video call.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dokter Roy Panusunan Sibarani, pandemi Covid-19 mengubah beragam kebiasaan di masyarakat.

Satu di antaranya adalah meningkatnya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari termasuk cara memperoleh layanan kesehatan.

Ia menyebut konsultasi medis secara daring (telemedicine) menjadi hal yang semakin diminati dan menjadi pilihan di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat.

"Meski tidak serta merta menggantikan konsultasi tatap muka dengan dokter, telemedicine menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap perawatan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau," kata dokter Roy melalui keterangan pers yang diterima, Jumat (24/9/2021).

"Apalagi sekarang ini pasien memiliki keterbatasan mobilitas akibat kondisi kesehatannya pun pandemi. Jadi perjuangan pasien dan caregiver (pengasuh) untuk ke klinik atau rumah sakit bisa diminimalkan," sambungnya.

Biasanya, lanjut dokter Roy, konsultasi secara daring dilakukan dengan menggunakan fitur chat.

Baca juga: Anak Perempuan Hilang dari Apartemen Green Bay Pluit Sejak Senin, Ibunda Lapor Polisi

Baca juga: Anggota TNI Tewas Dibunuh di Depok, Polisi Bekuk Satu Pelaku

Baca juga: Pembangunan Sumur Resapan Targetnya 40 ribu titik, Saat ini Baru Teralisasi 22 ribu titik.

Namun konsep berbeda diusung Aido Health, aplikasi kesehatan terintegrasi yang menjadi kolaborator resmi Kemenkes RI dalam penanggulangan Covid-19. Aplikasi ini juga bekerja sama dengan dokter dari EMT Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Selain itu, sambung dokter Roy, aplikasi Aido Health terintegrasi dengan basis fasilitas kesehatan lain seperti farmasi di rumah sakit yang menjadi mitra, klinik, dan laboratorium.

"Di Aido Health, pasien dimungkinkan untuk melakukan konsultasi kesehatan secara tatap muka (video call) dengan berbagai dokter dari berbagai rumah sakit yang bisa dipilih sendiri oleh pengguna dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, pengguna bisa merasa lebih nyaman dan yakin karena telah mengetahui latar belakang dokter dan rumah sakit yang menanganinya," ujar dokter yang juga penasihat aplikasi tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved