Breaking News:

Berita Video

Live Talkshow Kesehatan, Bersihkan Lidah dengan Cara dan Alat yang Tepat

"Cara paling praktis membersihkan lidah adalah berkumur, yang bisa dilakukan kapanpun hanya dengan air bersih," ujarnya.

Penulis: Ahmad Sabran | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Program LIVE Talkshow Kesehatan Warta Kota Jumat (24/9/2021) pekan ini bersama Drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati membahas tentang Bagaimana Cara Merawat Lidah Agar Tetap Sehat. 

Dokter Anas mengatakan, lidah sebagai bagian dari rongga mulut harus dijaga kebersihannya setiap hari.

Memeriksa mulut sendiri, kata drg Anas, tidak hanya memeriksa gigi geligi namun juga semua jaringan lunak di dalam mulut, seperti dinding pipi, langit-langit mulut, serta lidah.

"Cara paling praktis membersihkan lidah adalah berkumur, yang bisa dilakukan kapanpun hanya dengan air bersih," ujarnya.

Kemudian cara kedua yang juga mudah dilakukan adalah dengan bantuan alat pembersih.

Saat ini, pada beberapa sikat gigi, ada area bergerigi di bagian belakang kepala sikat, gerigi ini bertujuan untuk pembersihan lidah.

"Saat ini banyak juga di minimarket alat pembersih lidah dijual berdampingan dengan sikat gigi, namun jika tidak ada, bisa menggunakan sendok yang permukaan sisinya licin," ujar drg Anas.

Ia melanjutkan, apapun alatnya, yang ideal adalah permukaan tidak kasar, karena bisa melukai lidah.

"Lidah terbentuk dari otot rangka yang dilapisi mukosa, serta terdapat papila-papila, meski lidah adalah salah satu otot terkuat, tapi permukaannya mudah terluka," ujarnya lagi.

Cara membersihkannya pun dengan menjulurkan lidah, lalu diusap dari dalam ke luar, tanpa harus ditekan kuat-kuat. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved