Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Kerja Keras Pemkab Bekasi Membuahkan Hasil, Desa Banjar Sari Capai Kekebalan Komunal 100 Persen

Pemkab Bekasi terus meningkatkan program vaksinasi Covid-19 agar mencapai kekebalan komunal seperti di Desa Banjar Sari.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Rangga Baskoro
Vaksinasi di Desa Banjar Sari capai 100 persen kekebalan komunal. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Program vaksinasi masih terus digencarkan Pemkab Bekasi untuk mencapai herd immunity.

Untuk mewujudkan itu Pemkab Bekasi harus  bekerjasama dengan berbagai instansi maupun organisasi, seperti vaksinasi yang digelar di Desa Banjar Sari, Kecamatan Sukatani yang digelar bersama gerakan kemanusiaan Indonesia Pasti Bisa.

Baca juga: Periksa Enam Saksi, Polisi Akan Tetapkan Tersangka Baru Kebakaran Lapas

Wanda Ponika, Direktur Global Humanitarian Response Indonesia, mengatakan vaksinasi bertajuk Program Desa Komunal Desa Banjar Sari diadakan untuk menantang seluruh warga di desa tersebut untuk mau divaksinasi.

"Konsep Desa Kekebalan Komunal ini adalah kami ingin menantang, bisa enggak sih kita membuat seluruh warga untuk mau divaksin," kata Wanda di lokasi, Kamis (23/9/2021).

Dibantu unsur Forkompimda, pihaknya kemudian mendata seluruh warga yang belum divaksin untuk disambangi dan diberikan sosialisasi beserta edukasi.

Hasilnya, ditemukan sebanyak 100 orang yang belum divaksin. Mayoritas dari mereka memiliki kondisi kesehatan yang tak memungkinkan untuk divaksin.

"Kalau kondisinya enggak memungkinkan, kami bantu mereka berobat ke puskesmas. Kemudian kami menemukan ada 100 orang terkahir yang kami bantu dan sekarang sudah divaksin semua warga Desa Banjar Sari," ungkapnya.

Baca juga: Nekat Terjang Banjir di Perempatan Mampang Depok, Sejumlah Pemotor Terjungkal

Capaian 100 persen desa kekebalan komunal dihadiahi pembuatan MCK dan pembuatan sanitasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Banjar Sari.

"Kita enggak terbayang ya bahwa 1 setengah jam dari Jakarta, ada 8 dari 10 rumah yang belum punya MCK, makanya sebagai hadiah desa yang mencapai kekebalan komunal 100 persen maka kami akan buatkan 4 saluran air bersih dan kami berikan 6 unit MCK," kata Wanda.

Sementara itu, Camat Sukatani Imam Faturochman menjelaskan total populasi di Desa Banjar Sari sebanyak 5.785 orang. Vaksinasi yang dilakukan hari ini merampungkan wilayah desa kekebalan komunal yang pertama kali dicapai di Kabupaten Bekasi.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved