Lifestyle

Inilah Empat Tanda Kehamilan Awal

Kehamilan menjadi momen yang membahagiakan. Apalagi  bagi pasangan yang sudah lama menunggu kehadiran sang buah hati. 

istimewa/DKT Indonesia
Lesti Kejora mengumumkan kehamilannya 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kehamilan menjadi momen yang membahagiakan. Apalagi  bagi pasangan yang sudah lama menunggu kehadiran sang buah hati. 

Belum lama ini, artis dangdut Lesti Kejora mengumumkan kehamilan. Walaupun terbilang baru menikah secara resmi, pengumuman pasangan yang dikenal sebagai Leslar ini disambut suka cita oleh pasangan dan juga para fansnya. 

Biasanya seorang wanita mengetahui dirinya hamil setelah menggunakan test pack setelah mengalami telat haid. Namun sebenarnya tubuh juga sudah memberikan tanda kehamilan, namun kadang kurang disadari. Mengutip dari siaran pers yang diterima Wartakotalive.com, Kamis (23/9/2021) dari DKT Indonesia, berikut tanda kehamilan awal yang jarang dikenali. 

Baca juga: Ibu Persiapkan Fisik dan Mental Sejak Awal Kehamilan agar Proses Menyusui Lancar

Baca juga: Ini Syarat Ibu Hamil Bisa Divaksin Covid-19, Salah Satunya Usia Kehamilan di Atas 13 Minggu

1. Konstipasi

Tingginya kadar hormon kehamilan membuat sistem pencernaan melambat. Inilah mengapa yang kemudian membuat kehamilan awal lebih rentan mengalami konstipasi atau sembelit. Tapi tidak banyak yang menyadari hal ini sebagai tanda kehamilan awal.

 
2. Sering buang air kecil

Pada kehamilan awal kebanyakan perempuan lebih sering buang air kecil terutama di malam hari. Tapi ini sering kali tidak dilihat sebagai tanda awal kehamilan. Seringnya buang air kecil terjadi selain karena adanya hormon kehamilan di dalam tubuh, pada awal kehamilan bertambahnya jumlah cairan tubuh.

3. Mood swing atau suasana hati cepat berubah

Selama kehamilan, tak hanya hormon hCG yang berperan tapi juga ada hormon estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Kondisi hormon yang fluktuatif membuat mood swing tanpa alasan yang jelas.

4. Cepat lelah

Jika saat ini merasa lebih cepat lelah dari biasanya, ini bisa jadi tanda kehamilan awal. Karena di trimester pertama kehamilan kadar hormon progesteron meningkat, ini membuat jumlah darah di dalam tubuh ikut meningkat dan detak jantung jadi lebih cepat. Alhasil jadi merasa cepat lelah karena metabolisme tubuh yang bergerak lebih cepat.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved