Breaking News:

Lifestyle

Ikuti 8 Tips Agar Mobil Tetap Awet dan Aman Walaupun Sering Nganggur karena Pandemi Covid-19

Walaupun jarang dipakai mobil harus tetap dirawat. Hal ini  agar kondisi mobil tetap awet dan aman untuk dikendarai ketika PPKM sudah selesai

Istimewa/Instagram
Penyanyi dangdut Kartika Chacha saat menghibur diri tampil modis di atas mobil mewahnya meskipun hanya di depan rumah pribadinya, di Bogor. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan penyebaran Covid-19. Keputusan PPKM yang terus diperpanjang membuat kita jadi lebih banyak berkegiatan di rumah.

Akibatnya, mobil yang biasanya kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari, sekarang lebih sering nganggur di garasi.

Walaupun jarang dipakai mobil harus tetap dirawat. Jangan diacuhkan saja. Hal ini  agar kondisi mobil tetap awet dan aman untuk dikendarai ketika PPKM sudah selesai.

Yuk merawat mobil sendiri di rumah.  Berikut 8 tips dari Carsome untuk membantu  merawat mobil di rumah selama masa PPKM seperti dikutip dari siaran pers  yang diterima Wartakotalive.com, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Berikut Ini 8 Tips Merawat Mobil di Rumah saat Libur Lebaran

Baca juga: Auto Exhibition Center Summarecon Bekasi Beri Kemudahan Merawat Mobil di Musim Hujan

 1.Perhatikan Kebersihan Interior Mobil

Selain diselimuti debu dan kotoran, mobil yang terparkir lama di garasi juga memungkinkan untuk dihinggapi binatang seperti semut, serangga dan kecoa. Untuk itu, ketika membersihkan mobil perlu diperhatikan juga kebersihan interiornya dengan cara menyedot debu dari jok dan karpet, mengelap bagian dashboard dan mengelap bagian door trim dengan kain yang lembut. Jika dibersihkan secara berkala, maka interior mobil  pun akan terbebas dari sebu, kotoran, binatang dan pastinya bau yang tak sedap. Jangan lupa juga untuk memakai air freshener agar mobil tetap harum.
 

2. Bersihkan Kaca  Mobil Secara Berkala

Debu yang menempel pada kaca mobil kalau dibiarkan begitu saja akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada permukaan kaca mobil. Karena itu, membersihkan kaca mobil secara berkala sangat penting untuk kebersihan mobil. Membersihkan kaca mobil pun tidak boleh sembarangan, harus menggunakan sabun khusus dan lap yang lembut agar tidak merusak permukaan kaca. Selain kaca mobil, wiper juga harus dibersihkan secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik.
 

3. Memanaskan Mobil  Seminggu Sekali untuk Mencegah Overheating

Memanaskan mobil merupakan hal yang penting, tapi sering terlewatkan. Mesin dalam mobil yang terparkir lama cenderung menjadi haus karena oli tidak melumasi komponennya dengan baik. Dalam jangka panjang, mobil yang tidak dipanaskan akan mengakibatkan kebocoran kompresi dan berlanjut kepada overheating.  Sebaiknya memanaskan mobil, setidaknya sekali dalam seminggu untuk menghindari kendala khususnya kompresi yang bocor.  
 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved