Breaking News:

Berita Jakarta

Hadapi Musim Hujan, Tiga Waduk Baru di Jakarta Utara Dioperasikan sebagai Kolam Retensi

Maulana mengungkapkan ketiga waduk tersebut berada di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Feryanto Hadi
Wartakotalive.com
Satpel SDA Kecamatan Cilincing membuat waduk dan kolam retensi di TPU Rorotan, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara mengantisipasi genangan saat musim hujan. 

WARTAKOTALIVE.COM, CILINCING--Tiga waduk baru di Jakarta Utara masing-masing Waduk Belibis, Waduk Kesatrian dan Waduk Rawa Malang bisa dioperasikan menjadi kolam retensi dalam menghadapi musim hujan mendatang. 

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Adrian M. Maulana mengungkapkan ketiga waduk tersebut berada di Kecamatan Cilincing. 

"Ada Waduk Belibis, Kesatrian, dan Rawa Malang. Waduk itu dapat dijadikan sebagai kolam retensi, menampung air hujan," ungkap Adrian, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Kurangi Luapan Kali Semanan, Pemprov DKI Jakarta Segera Buat Waduk Baru di Kalideres

Adrian menambahkan pihaknya saat ini sedang bekerja untuk mengerjakan ketiga proyek waduk tersebut. Sehingga pada saat musim hujan bisa berfungsi dengan maksimal jadi kolam retensi.

“Diperkirakan progres pengerjaan waduk hingga saat ini berkisar 50 persen. Waduk itu sudah bisa kita uji coba di musim hujan tahun ini,” ujarnya. 

Nantinya ketika waduk itu sudah difungsikan jadi kolam retensi untuk menampung air hujan maka akan kembali dialirkan melalui saluran air yang bermuara ke laut melalui mesin pompa mobile.

Baca juga: Politisi PSI August Hamonangan Nilai Pemprov DKI Tak Serius Kelola Sampah Warga Jakarta

“Pengerjaannya harus berjalan karena standar waduk harus ada misalkan site pile dan in-out (aliran air keluar masuk). Sementara kita masih menggunakan pompa mobile di sana,” tuturnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Utara memetakan titik genangan dengan koordinasi antar UKPD, camat, lurah, maupun pemangku kepentingan dan elemen masyarakat lainnya. 

Pemetaan tersebut bertujuan agar mendata titik genangan termasuk solusi dalam mengantisipasi genangan saat musim hujan mendatang. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved