Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Capai Herd Immunity, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan Harapkan Tim PKK Jadi Duta Vaksinasi Covid19

Capai Herd Immunity, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan Harapkan Tim PKK Jadi Duta Vaksinasi Covid19. Berikut Selengkapnya

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan membuka Rapat Koordinasi Kesrak TP-PKK Kabupaten Bogor secara virtual, di Aula Pendopo Bupati Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Kamis (23/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Capai terget vaksinasi covid-19, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan berharap para ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) gencar melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi Covid-19.

Iwan juga meminta TP-PKK mengedukasi masyarakat mengenai vaksinasi yang dapat meningkatkan ketahanan masyarakat dari Covid-19.

Sebab, lewat vaksinasi, kegiatan usaha hingga perekonomian bangsa akan kembali pulih.

Hal tersebut diungkapkan Iwan saat membuka Rapat Koordinasi Kesrak TP-PKK Kabupaten Bogor secara virtual, di Aula Pendopo Bupati Bogor, Kamis (23/9/2021).

Rapat ini diselenggarakan oleh TP-PKK Kabupaten Bogor dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

“Tolong sosialisasikan karena vaksin itu penting sebagai ikhtiar kita untuk menjaga dari Covid-19," kata Iwan.

Dia menambahkan vaksin ini menguatkan imun tubuh kita sehingga bisa kembali hidup normal, ekonomi pulih dan kegiatan kembali berjalan seperti biasa.

"Kita harus perbanyak vaksinasi di desa-desa dan kecamatan. Pemerintah mengajak kita untuk mewujudkan kembali hidup normal,” ujarnya.

Baca juga: Wujudkan Komitmen Berantas Mafia, Alvin Lim Usulkan Jokowi Bentuk Badan Pengawas Independen

Baca juga: Sampah di Kolong Jembatan Kali Mampang Berhasil Diangkat, Banjir di Jalan Raya Sawangan Surut

Politisi Partai Gerindra ini menegaskan perlu adanya kesamaan gerak langkah antara TP-PKK Kabupaten, TP-PKK Kecamatan hinga TP-PKK Desa di seluruh Kabupaten Bogor, serta perangkat daerah terkait yang berhubungan dengan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Menieit dia, jika gerak langkahnya sudah sama, maka apa yang dicita-citakan dan inginkan akan berhasil.

“Saya berkali-kali mengikuti kegiatan stunting, sosial, dan kesehatan masyarakat. Saya salut dan bangga dan apresiasi terhadap dinas-dinas yang berhubungan langsung dengan penanganan masyarakat langsung seperti DP3AP2KB, DPMD, Dinkes,” ungkap Iwan.

Dia menambahkan dampak pandemi membuat IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Bogor mengalami penurunan.

Baca juga: Bunda Genre Kota Depok Sebut Sekolah Pra Nikah Ruang Para Remaja Menuju Jenjang Pernikahan 

Baca juga: Gugatan Dimenangkan, Rektor UIN Jakarta Diminta Pulihkan Nama Baik dan Jabatan Prof Andi-Prof Masri

Pada tahun 2019, IPM berada di angka 70,65, tahun 2020 turun 0,25 menjadi 70,40.

Pengangguran juga meningkat dari 9,06 persen menjadi 14,29persen, kemiskinan  naik dari 6,66 persen jadi 7,69 persen.

"Penurunan ini berdampak juga terhadap kesehatan. Makanya di forum ini kami ingin meyamakan langkah gerak untuk memperkuat, semangat kita walaupun dalam posisi kurang baik,” tandasnya.

Meakipun demikian, masih ada kabar baik di tengah pandemi Covid-19 yaitu Pemerintah Kabupaten Bogor mampu menurunkan angka stunting di Kabupaten Bogor dari 19,08 persen di tahun 2019 turun jadi 14,05 persen di tahun 2020.

"Alhamdulillah tahun 2021 turun lagi menjadi 12,69 persen. Saya minta PKK gencar sosialisasikan, edukasi terhadap masyarakat supaya bisa terhindar dari stunting," paparnya.

Baca juga: Jelang Laga Liga 1, Dua Bus Persib Bandung Tiba di Stadion Indomilk Arena Dengan Pengawalan Ketat

Baca juga: Viral Anggotanya Cekcok dengan Warga, Komandan Satpam Permata Buana Ungkap Detik-detik Awal Kejadian

Iwan berharap forum ini  bisa mewujudkan keluarga sejahtera dengan merumuskan kerja progresif, kompeherensif dan efektif.

"Tolong jangan hanya seremonial saja, ini penting untuk dipahami seluruh stake holder, dengan adanya Rakor ini saya berharap bisa menghasilkan poin-poin atau program yang memang bisa menjadi goals dari 10 program PPK,” tukasnya.

Selanjutnya, Ketua PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah Iwan mengungkapkan, Rakor Kesra TP-PKK bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui koordinasi lintas bidang.

Antara lain gerakan PKK, peran serta masyarakat, sektor pemerintah dan swasta dalam peningkatan pelayanan di bidang pembangunan keluarga, kependudukan, program KB dan kesehatan.

"Agar kita semua bergerak maju di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan program, kita pantau secara berjenjang oleh tim monev dari Provinsi Jabar dengan tujuan agar hasil kegiatan benar-benar tepat sasaran," ujarnya.

"Saya ajak semua pihak bersama-sama, mendukung kegiatan kesatuan gerak PKK untuk mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, sejahtera lahir dan batin,” tutur Sadiyah.

BACA SELENGKAPNYA di TRIBUNNEWSDEPOK.COM >>>>>

Sumber: Tribun depok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved