Breaking News:

Belum Kantongi Sertifikat CHSE, Wisata di Kepulauan Seribu Belum Bisa Uji Coba untuk Dibuka

walau belum punya CHSE, PeduliLindungi kita bisa diakses. Semoga, setelah ada PeduliLindungi Kemenparekraf bisa menyetujui pariwisata pulau seribu

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
Istimewa
Koloni lumba-lumba terlihat tengah mencari makan di perairan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu pada Rabu (9/6/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Kepala Seksi Pengawasan Industri Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreratif (Parekraf) DKI Jakarta, Iffan, mengatakan, saat ini baru dua tempat wisata di Jakarta yang mengantongi Clean, Health Safety and Environment Sustainability (CHSE).

Kedua tempat itu adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur dan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara.

“Kemarin kami memang dapat usulan mana lagi yang bisa dibuka, jadi diusulkan Kepulauan Seribu. Nah, jadi yang kendala adalah setiap tempat wisata harus punya CHSE, dan Kepulauan Seribu belum punya,” ujar Iffan pada Kamis(23/9/2021).

Iffan mengatakan, sertifikat CHSE awalnya hanya diberikan untuk hotel dan restoran. Namun sekarang kebijakan itu diperluas hingga semua tempat wisata mengantongi CHSE.

Baca juga: Lewat Wisata Alam, Kampung Blekok Dinilai Sandiaga Uno Hadirkan Peluang Usaha & Lapangan Kerja

Selain dari Disparekraf, Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Junaedi juga sudah bersurat kepada Kemenparekraf agar wilayahnya menjadi salah satu tempat wisata yang diizinkan buka.

Selama menunggu sertifikat CHSE terbit, Pemkab harus mulai memasang jaringan aplikasi pedulilindungi di berbagai tempat.

“Paling tidak, walau belum punya CHSE, PeduliLindungi kita bisa diakses. Semoga, setelah ada PeduliLindungi Kemenparekraf bisa menyetujui pariwisata Kepulauan Seribu,” jelas Iffan.

Dia berharap proses penerbitan sertifikat CHSE bisa segera rampung. Apalagi pendapatan Kepulauan Seribu bergantung pada sektor pariwisata laut.

“Kepulauan Seribu kan ada beberapa tempat yang bisa serap wisatawan, baik asing maupun Nusantara,” ucapnya.

Baca juga: Kembangkan Pulau Seribu Menjadi Kawasan Starategis Pariwisata Nasional, Pemkab Gandeng Pihak Swasta

Sementara, Anggota Fraksi PSI DPRD Jakarta Anthony Winza meminta Pemprov DKI Jakarta untuk menguji coba wisata di Kepulauan Seribu.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved