Breaking News:

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Anies Siagakan Sistem Deteksi Dini

Menurut Anies, sistem deteksi dini di Ibu kota masih terus diaktifkan, meski angka kasus Covid-19 turun.

Warta Kota/ Yolanda Putri Dewanti
Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara dalam rangka Apresiasi Tim Pemulasaran Jenazah Covid-19 Posko Monas, Jakarta Pusat, Rabu (22/09/21). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan tentang cara mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga Covid-19.

Menurut Anies, sistem deteksi dini di Ibu kota masih terus diaktifkan, meski angka kasus Covid-19 saat ini sudah menunjukkan penurunan yang signifikan.

"Kalau terkait dengan kita di Jakarta, dengan pengalaman gelombang pertama dan gelombang kedua, maka sistem deteksi dini itu diaktifkan terus. Sampai sekarang belum diturunkan sistem deteksi dini itu," ucap Anies kepada awak media, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya, deteksi dini yang dimaksud ialah menggencarkan pemeriksaan kesehatan (testing) hingga 8,4 kali lipat lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Jadi walaupun positivity rate kita telah di angka 0,7. Tetapi kegiatan testing tidak direndahkan, tetap tinggi untuk mendeteksi agar terlihat ada deretan hari-hari di mana pertambahan kasus mulai nampak," jelasnya.

Anies mengimbau untuk masyarakat Ibu kota atau sekitarnya yang belum divaksin, agar pergi ke sentra vaksinasi untuk divaksin.

"Lalu kita semua sama-sama jaga prokes dan pastikan keluarga tetangga kolega ikut vaksinasi. Bagi yang belum, ajak untuk ikut vaksin," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya pemerintah lewat Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Profesor Wiku Adisasmito menjelaskan akan terus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya lonjakan ketiga kasus Corona di Indonesia.

Menurut Wiku, di Indonesia ada potensi kenaikan kasus Covid-19.

"Pada pola second wave dimana terdapat jeda 3 bulan, perlu kita antisipasi mengingat dalam 3 bulan ke depan ini kita akan memasuki periode libur Natal dan Tahun Baru 2022," ucap Wiku dalam konferensi pers, Selasa (21/9/21) lalu.(m27)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved