Breaking News:

Berita Jakarta

Kesulitan Air Bersih, Warga Pademangan Barat Manfaatkan Bantuan Mobil Tangki

Warga datang berbondong-bondong dengan membawa sejumlah ember dan galon untuk mengambil air bersih dari mobil tanki

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Warga manfaatkan bantuan mobil tangki air bersih di Jalan Budi Mulia RW 012, Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (22/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, PADEMANGAN-- Sejumlah warga RW 12 Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara yang kesulitan mendapatkan air bersih kini bisa sedikit bernafas lega.

Pasalnya di permukiman mereka kedatangan truk tanki air bersih milik PT Aetra Air Jakarta dengan kapasitas 5.000 liter yang ada terparkir di depan Kantor RW 012 Pademangan Barat

Puluhan warga datang berbondong-bondong dengan membawa sejumlah ember dan galon untuk mengambil air bersih dari mobil tanki air tersebut demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Tiga Staf Diperiksa, Komnas HAM Gali Informasi Tentang Kondisi Kerja di Kantor KPI

Baca juga: Air Pipa PT Aetra Keruh dan Bau, Warga Pademangan Terpaksa Pakai Air Isi Ulang

Seorang warga, Puji (53) mengatakan bantuan air bersih yang diperolehnya itu sangat membantu di tengah sulitnya akses untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mencuci maupun mandi. 

"Dapat bantuan air ya senang lah, saya kebutuhan sehari-hari kemarin harus dorong air galon," ujar Puji, di lokasi, Rabu (22/9/2021).

Warga RT 008 RW 12 Pademangan Barat itu menceritakan air di rumahnya tidak bisa mengalir tanpa alasan yang jelas sejak Minggu (19/9/2021).

Baca juga: Trubus Dukung KPK Panggil Anies dan Pras, sebagai Bentuk Akuntabilitas dan Pertanggungjawaban Publik

"Dari hari Minggu airnya mati, makanya ambil air di sini. Ada juga yang airnya ngalir tapi keruh," kata Puji yang biasa mengeluar biaya sekitar Rp 100 ribu per bulan untuk air bersih. 

Sementara warga lainnya, Watir (64) mengaku senang dengan bantuan mobil tanki air bersih yang baru datang hari ini. 

Pasalnya sejak kesulitan air bersih selama tiga hari terakhir, dirinya harus mengeluarkan biaya ekstra untuk memenuhi kebutuhan di rumah. Khusus untuk mandi ia harus merogoh uang Rp 2.000. 

"Alhamdulilah ada bantuan air. Harapannya ya jangan sampe mati lagi lah. Ini baru ngerasain begini," lanjutnya.

Baca juga: Rela Berkorban Nyawa demi Sahabat, Remaja Ini Tewas saat Tolong Temannya yang Tenggelam di Ciliwung

Sementara Ketua RT 015 RW 012 Pademangan Barat, Agus mengatakan dirinya berkoordinasi dengan pengelola air bersih untuk memberikan bantuan kepada warga.

Awalnya Agus mengajukan dua mobil tangki air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga. Hanya saja pada akhirnya satu unit mobil tangki air yang datang ke permukiman. 

“Saya survei ke tiga RT (008, 014, 015) sudah lumayan baik, makanya saya bilang turunin satu dulu, kalau besok masih seperti ini kemungkinan besok datang lagi," ujarnya.

Baca juga: KRONOLOGIS Irjen Napoleon Menyusup ke Sel Kosman lalu Bikin Babak Belur Terduga Penista Agama

Terkait dengan masalah kesulitan air bersih yang dialami warga, berdasarkan informasi yang ada, kondisi itu terjadi akibat adanya perbaikan pipa induk yang bocor.

“Ada perbaikan pipa induk di Bahari kalau nggak salah. Perbaikannya sampai Sabtu (25/9/2021),” kata Agus. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved