Breaking News:

Bencana Alam

Minta Perlindungan, Takbir dan Adzan Dikumandangkan Ketika Angin Puting Beliung Menerjang Kota Depok

Minta Perlindungan, Takbir dan Adzan Dikumandangkan Berulang Kali Ketika Angin Puting Beliung Menerjang Kota Depok. Berikut Selengkapnya

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Kendaraan milik warga tertimpa pohon tumbang dan atap rumah yang terbang diterpa angin kencang di Jalan Margonda Raya, Kelurahan Kemiri MUka, Kecamatan Beji Kota Depok, Selasa (21/9/2021) pukul 17.50 WIB. 

Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di wilayah Depok, Selasa (21/9) sore, menyebabkan beberapa pohon tumbang.

Salah satunya terjadi di Jalan Raya Bogor KM 36 tepatnya di seberang RS Simpangan Depok.

Menurut pedagang asongan Rendi yang berjualan disekitar lokasi pohon tumbang mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 17.30 WIB. Saat kehadian, kondisi sedang hujan deras dan disertai angin kencang.

Pas kejadian lagi hujan deres sama angin kencang, tapi pas pohonnya tumbang anginnya langsung ilang," ucap Rendi kepada TRIBUNNEWSDEPOK.COM pada Selasa (21/9/2021) malam.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dari kejadian pohon tumbang ini, meskipun menurut Rendi, saat kejadian situasi lalu lintas sedang ramai. Pas pohon ambruk

"Kondisi jalanan pas kejadian sedang ramai. Syukurnya nggak ada pengendara yang ketiban," ucapnya.

Baca juga: Update Angin Puting Beliung Depok, Atap Kantor KPU Kota Depok Sampai Ambruk Kena Pohon Tumbang

Baca juga: Angin Puting Beliung Menerjang Kawasan Mampang, Atap Ruko Sampai Terbang ke Jalan Raya Sawangan

Rendi menuturkan, usai kejadian proses evakuasi pohon tumbang yang sempat menutup salah satu ruas jalan dari arah Jakarta menuju Bogor ini langsung dievakuasi oleh sejumlah warga.

"Nggak lama kejadian langsung pohonnya diberesin sama warga, selesai diberesin tadi abis Isya sekitar jam tujuh-an. Kalau nggak cepat diberesin jalanan bisa macet lama," ucapnya.

Rendi menambahkan, sebelum tumbang, memang pohon yang berada dipinggir jalan raya tersebut sudah terlihat seperti mau roboh.

Baca juga: Angin Puting Beliung, Atap Rumah Warga di Perumahan Andhika Graha Citra Kelurahan Sukmajaya Terbang

Baca juga: 622 Gardu PLN Depok Diterjang Angin Puting Beliung Sebabkan Gangguan Listrik di Sejumlah Wilayah

"Sebelum kejadian emang posisi pohon udah agak miring batangnya," sebut Rendi.

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com, pada pukul 19.30 WIB, sisa dari batang pohon yang tumbang tersebut terlihat menumpuk dan menutupi area trotoar jalan.

Meski pohon yang tumbang sudah dievakuasi dari jalanan, namun kondisi jalanan yang arah dari Jakarta menuju Bogor sempat tersendat akibat para pengedara yang menurunkan laju kendaraannya di lokasi tumbangnya pohon. 

Baca juga: Angin Puting Beliung Terpa Depok, Pohon Tumbang di Jalan Raya Kartini Panmas Timpa Papan Reklame

Baca juga: Angin Puting Beliung Melanda Kota Depok, Tiang Listrik di Vila Pertiwi Roboh Menimpa Rumah Warga

Kantor KPU Ikut Jadi Korban

Kantor KPU Kota Depok turut menjadi korban dari terjangan angin Puting Beliung yang menimpa Kota Depok pada Selasa (21/9/2021) sekira pukul 17.00 WIB.

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengatakan, kantornya yang berlokasi di Jalan Kartini Raya No. 19, Pancoran Mas, tertimpa pohon mangga berukuran besar.

Kejadian awalnya bermula saat hujan mulai turun sekitar pukul 15.40 WIB, hujan tidak berlangsung lama dan sempat berhenti, kemudian sekitar pukul 17.30 WIB hujan turun lagi dan lebih lebat dari sebelumnya.

"Tiba-tiba terjadi puting beliung di depan kantor KPU Kota Depok dan menumbangkan sebuah pohon mangga tua yang berada di depan kantor," kata Nana kepada TribunnewsDepok.com pada Selasa (21/9/2021).

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved