Breaking News:

Kapolda Irjen Pol Ahmad Dofiri Apresiasi Program ADWI 2021 untuk Kebangkitan Ekonomi Jawa Barat

Kapolda Jawa Barat berharap dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat maka bisa mengembangkan wisata di Jawa Barat sehingga meningkatkan ekonomi

Editor: Ichwan Chasani
istimewa
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri (kiri) berbincang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata di Desa Alam Endah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini. 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDUNG — Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengapresiasi program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Event yang bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Apalagi, ADWI 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit” tema yang diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi covid-19.

Kapolda mengapresiasi yang tinggi terhadap inovasi program Kemenparekraf yang terus mengembangkan lokasi wisata menjadi sentra ekonomi sehingga membangkitkan pendapatan dan mengurangi pengangguran di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat.

Dengan kerja sama bersama pemerintah Pusat di massa pandemi seperti ini ADWI diharapkan mampu menangani berbagai persoalan sosial ekonomi didalam masyarakat seperti contohnya di bidang pariwisata.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri (kiri) mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata di Desa Alam Endah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.
Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri (kiri) mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata di Desa Alam Endah Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini. (istimewa)

Apalagi dengan PPKM yang sudah semakin turun sehingga lokasi wisata sudah boleh dikunjungi tetapi dengan tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.

Melalui kategori-kategori ini diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan.

Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia, serta mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan.

“Di Jawa Barat sendiri masih banyak desa-desa yang berpotensi untuk menjadi lokasi wisata dan dikenalkan di Indonesia,” ungkap Irjen Pol Ahmad Dofiri dalam pernyataan resminya, Selasa (21/9/2021).

Menurutnya, melalui ADWI ini, desa yang tadinya tidak terekspos bisa dikenal dan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat desa tersebut. “Salah satu perbaikan ekonomi memang dari bidang pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini dilakukan oleh kemenparekraf,” katanya.

Apalagi dia baru mengetahui ada lokasi bagus dan potensi-potensi ekonomis kreatif yang diketahuinya setelah keliling mendampingi Menteri Sandiaga Salahudin Uno.

Kapolda Jawa Barat itu berharap dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat maka bisa mengembangkan wisata di Jawa Barat khususnya Kota dan kab Bandung sehingga dengan meningkatkan ekonomi warga, maka semakin berkurangnya permasalahan kamtibmas di Kota Bandung.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved