Breaking News:

Berita Jakarta

Anies Baswedan Hari Ini Siap Berikan Keterangan pada KPK terkait Kasus Munjul

Anies Baswedan siap memberikan keterangan pada KPK terkait kasus korupsi pembelian lahan di wilayah Munjul, Cipayung, Jakarta Timur.

TRIBUNNEWS/ABDUL QODIR
Hari ini, Selasa (21/9/2021), Gubernur Anies Baswedan siap memberikan keterangan pada KPK terkait kasus korupsi pembelian lahan di wilayah Munjul, Cipayung, Jakarta Timur. Foto ilustrasi: Gedung KPK di Jalan HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/10/2015). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap memberikan keterangan pada KPK terkait kasus korupsi pembelian lahan di wilayah Munjul, Cipayung, Jakarta Timur.

Hal itu disampaikan Anies usai melayat ke rumah mertua Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sunarti Sri Hadiyah Sarwo Edhie Wibowo di kawasan Condet, Jakarta Timur pada Senin (20/9/2021) malam.

Meski begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini mengklaim, belum mengetahui detil pertanyaan yang akan diajukan penyidik padanya. “Jadi, saya sendiri belum tahu keterangan yang dibutuhkan apa,” kata Anies.

Namun demikian, Anies menyatakan bakal memenuhi panggilan penyidik KPK sesuai undangan yang diberikan. Rencananya Anies akan mendatangi KPK pada Selasa (21/9/2021) pagi.

“Insya Allah saya akan hadir sesuai dengan undangan yang diberikan oleh KPK besok (Selasa, 21/9/2021) di kantor KPK,” ujar Anies.

Selain Anies, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi juga menyatakan kesiapannya memberikan keterangan kepada KPK.

Politikus PDI Perjuangan ini siap memberikan keterangan seputar kasus munjul.

“Saya siap memenuhi panggilan, sesuai jadwal dari surat yang diberikan KPK kepada saya,” ujar Prasetio saat dikonfirmasi wartawan pada Senin (20/9/2021) malam.

Seperti diketahui, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi pada Selasa (21/9/2021).

Anies dan Presetyo Edi diperiksa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di Munjul, Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada tahun 2019.

Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Corneles Pinontoan.

“Informasi yang kami terima benar, tim penyidik mengagendakan pemanggilan saksi untuk tersangka YRC (Yoory Corneles Pinontoan) dkk, diantaranya yaitu Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) dan Prasetyo Edi Marsudi ( Ketua DPRD DKI Jakarta) untuk hadir pada Selasa (21/9/2021) bertempat di Gedung KPK Merah Putih,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri Senin (20/9/2021).

Ali menjelaskan, pemanggilan seseorang sebagai saksi berdasarkan kebutuhan penyidikan. Sehingga, dari keterangan para saksi itu, perbuatan para tersangka tersebut menjadi lebih jelas dan terang.

“Saat ini, Tim Penyidik terus melengkapi berkas perkara tersangka YRC dkk dengan masih mengagendakan pemanggilan dan pemeriksaan sejumlah saksi,” ucap Ali yang dikutip dari Kompas.com.

“KPK berharap kepada para saksi yang telah dipanggil patut oleh tim penyidik untuk dapat hadir sesuai dengan waktu yang disebutkan dalam surat panggilan dimaksud,” tutur dia. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved