Breaking News:

24 Motor Knalpot Bising dan 3 Mobil Pakai Strobo, Ditilang Satlantas Jakpus

Ada 24 kendaraan atau motor yang kena tilang karena knalpot bising. Selain itu, ada 3 kendaraan roda empat atau mobil yang ditilang karena memasang r

Istimewa
Penilangan operasi patuh jaya di kakarta pusat, Selasa (21/9/202+) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2021, dengan titik pengawasan di Galur, Johar Baru, dan simpang Tugu Tani, Senin (21/9/2021). 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta mengatakan, pada Operasi Patuh Jaya hari pertana Senin (20/9/2021) kemarin jajarannya melakukan penindakan dengan teguran. 

"Kemarin sudah ada 215 teguran," kata Purwanta saat dihubungi lewat sambungan telepon, Selasa (21/9/2021) petang. 

Purwanta menyebutkan sanksi tilang bagi pengemudi yang melanggar Operasi Patuh Jaya mulai dilaksanakan pada Selasa hari ini.

Mayoritas pengemudi yang kena tilang adalah pengendara motor yang menggunakan knalpot bising. 

"Karena apa? pertama efeknya mengganggu pendengaran lingkungannya, sehingga pengendara lain tidak konsentrasi. Kedua, bisa mengakibatkan kriminal karena pada berantem, pada benci sama suaranya yang terlalu kencang. Ketiga, mengganggu konsentrasi orang yang bekerja di kawasan yang terlintasi," jelas Purwanta. 

Ia menjelaskan penindakan pelanggaran Operasi Patuh 2021 Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat per tanggal 21 September, ada 24 kendaraan atau motor yang kena tilang karena knalpot bising.

Selain itu, ada 3 kendaraan roda empat atau mobil yang ditilang karena memasang rotator atau lampu strobo. 

"Knalpot bising ini kita suruh ganti, dan kita tilang dulu. Sementara knalpotnya disita," ujar Purwanta. 

Menurut Purwanta, titik lokasi Operasi Patuh Jaya bersifat mobile dan berpindah-pindah.

"Tidak saklek di satu tempat, sifatnya mobile. Masing-masing unit biasanya di lampu lalu lintas. Kalau ada pelanggar langsung ditindak," kata Purwanta

Ia menjelaskan Operasi Patuh Jaya memilili dua fungsi utama.

Pertama, fungsi pemutusan Pandemi Covid-19 dan yang kedua fungsi tertib lalu lintas.

Fungsi pemutusan Pandemi Covid-19 katanya meliputi sosialisasi protokol kesehatan 5M, operasi kerumunan, dan kegiatan crowd free night. 

Sedangkan, fungsi tertib lalu lintas melingkupi operasi knalpot bising, balap liar, lawan arus, dan kelengkapan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). (M29)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved