Breaking News:

Sudah Tetapkan 3 Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang, Polisi Dalami Tersangka Baru

Polda Metro Jaya masih mencari adanya tersangka lain dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, yang menewaskan 49 warga binaan.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Desy Selviany
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI -- Polda Metro Jaya masih mencari adanya tersangka lain dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, yang menewaskan 49 warga binaan, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Polda Metro Jaya sudah menetapkan 3 tersangkan yakni 3 pegawai lapas.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan untuk 3 tersangka yang ditetapkan, semuanya dijerat Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia, dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun.

Sementara untuk Pasal 187 KUHP tentang kesengajaan menimbulkan kebakaran, ledakan atau banjir dan mengakibatkan orang mati, serta Pasal 188 KUHP tentang kesalahan yang menyebabkan kebakaran, ledakan atau banjir, polisi masih belum menetapkan tersangka.

Untuk Pasal 187 KUHP ancamannya maksimal 20 tahun penjara dan Pasal 188 KUHP paling lama lima tahun penjara.

"Untuk Pasal 187 KUHP dan Pasal 188 KUHP, penyidik masih memutuskan pemenuhan alat bukti, insyaallah bisa kita selesaikan minggu ini," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).

Tubagus mengatakan ketiga petugas lapas yang ditetapkan tersangka ialah petugas yang harusnya berjaga saat malam kebakaran terjadi.

Kata Tubagus, ada kealfaan atau kelalaian dalam kasus kebakaran tersebut sehingga dapat menjerat tiga tersangka dengan Pasal 359 KUHP.

Kealfaan itu ialah ketika ada standar operasional prosedur (SOP) yang dilanggar oleh tiga tersangka, saat menjalankan tugas di waktu kebakaran terjadi.

Namun demikian, Tubagus masih enggan menjelaskan rinci kealfaan tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved