Breaking News:

PPKM

CATAT! Aturan Penerbangan, Penumpang dari Luar Negeri Wajib Tes PCR 3 Kali, Simak Lengkapnya

Selain itu penumpang juga wajib menjalani pemeriksaan sebanyak enam check point di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Mohamad Yusuf
Warta Kota/Andika Panduwinata
(Ilustrasi) Penumpang pesawat yang tiba dari luar negeri, wajib memenuhi aturan baru penerbangan. Aturan baru penerbangan itu salah satunya harus menjalani tes PCR sebanyak tiga kali. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Penumpang pesawat yang tiba dari luar negeri, wajib memenuhi aturan baru penerbangan.

Aturan baru penerbangan itu salah satunya harus menjalani tes PCR sebanyak tiga kali.

Selain itu penumpang juga wajib menjalani pemeriksaan sebanyak enam check point di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Hal itu terkait dengan diterbitkannya Surat Edaran Nomor 74 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Plt Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta Y. Gandoz mengatakan surat edaran tersebut untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan terhadap penumpang pesawat rute internasional.

Baca juga: Dalam Waktu 2 Jam, ABG di Sumsel Ini Nikahi 2 Siswi SMA di Desanya yang Sama

Baca juga: CATAT! Teken Aturan Baru PNS, Jokowi Wajibkan Laporkan Harta Kekayaan, Bolos 10 Hari Dipecat 

Baca juga: Daftar 17 Menteri Jokowi yang Hartanya Bertambah di Masa Pandemi, Menteri KKP Rp481 M, Luhut Rp60 M

“SE Nomor 74 Tahun 2021 pada prinsipnya untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19 termasuk varian virus SARS-CoV-2 baru yang telah bermutasi menjadi varian Alpha, varian Beta, varian Delta, varian Gamma dan varian MU (B.1.621) serta potensi berkembangnya varian baru lainnya,” ujar Gandoz, dalam siaran tertulisnya, Minggu (19/9/2021).

Di Bandara Soekarno-Hatta, untuk melaksanakan ketentuan SE Nomor 74/2021, para stakeholder menetapkan prosedur baru untuk kedatangan internasional yang mulai diterapkan tanggal 19 September 2021 pukul 00.00 WIB.

“Seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta antara lain AP II, Otoritas Bandara Wilayah I, KKP, Kemenkes, Satgas Udara Penanganan Covid-19, maskapai, dan instansi lainnya telah berkoordinasi untuk menerapkan prosedur baru yang sejalan dengan SE Kemenhub Nomor 74/2021, bagi penumpang rute internasional yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi.

Agus Haryadi menambahkan, “Berdasarkan koordinasi yang telah dilakukan seluruh stakeholder, sejumlah checkpoint ditetapkan untuk menjalankan prosedur baru kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta mulai diberlakukan penuh pada 19 September 2021 mulai pukul 00.00 WIB.”

Selengkapnya di Tribuntangerang.com

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved