Breaking News:

Buku Catatan Transaksi Disita, 2 Kurir yang Ditangkap Polres Jakarta Utara Sempat Kirim 3 Kg Sabu

Kurir yang ditangkap Polres Jakarta Utara sempat mengirim sabu tiga kilogram sesuai keterangan di buku catatan transaksi.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Polres Metro Jakarta Utara gagalkan upaya pengiriman dua kilogram sabu yang dilakukan oleh dua orang kurir. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - JM dan MT, dua kurir sabu yang ditangkap Satuan Resnarkoba Polres Metro Jakarta Utara ternyata sempat mengirimkan barang haram itu sebanyak tiga kilogram sebelum menjadi pesakitan. 

Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Utara AKBP Ahsanul Muqaffi mengatakan hal tersebut diketahui bermula dari buku catatan yang disita saat keduanya dibekuk 13 September 2021 lalu.

Pada saat diperiksa buku catatan itu, diketahui bahwa kedua tersangka sudah ada janji dengan tiga orang yang berbeda untuk mengantarkan pesanan sabu sesuai lokasi. 

Baca juga: Sembilan Bandar Narkotika Jaringan Malaysia dengan Barang Bukti Dua Kg Sabu Diamankan Polres Jakpus

"(Buku catatan) itu untuk pemesanan, kurang lebih ada tiga pemesan di catatan itu," ungkap Ahsanul, Senin (20/9/2021).

Dua dari tiga pemesan terakhir tercatat hanya memesan ratusan gram sabu. Hanya saja kedua pelaku sudah berhasil mengantarkan 3 kilogram sabu ke pemesan pertama.

"Jadi dari barang 2 kilogram itu tidak diantarkan semua. Ada yang pesen 100 gram, ada yang pesen 200 gram. Nah, tersangka sebelumnya mengantar 3 kilogram," ucap Ahsanul.

Baca juga: Pengembangan Pabrik Sabu di Karawaci, 5 Paket Besar Sabu Disita dari Lemari Apartemen

Sebelumny Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan mengatakan pengungkapan bermula dari pengembangan kasus serupa yang terjadi di wilayah Penjaringan beberapa waktu lalu.

"Setelah dilakukan upaya pengembangan, kami menangkap dua orang tersangka yaitu JM dan MP di sekitar Jalan Latumenten, Jakarta Barat," kata Guruh, Senin (20/9/2021). 

Guruh menceritakan kedua tersangka mengaku hendak mengedarkan barang haram yang dibawa tersebut ke wilayah Jakarta dan sekitarnya usai memperoleh dari seseorang berinisial A. 

Baca juga: Soda Karaoke & Lounge Ditutup , Dua Pengunjung Tiffaney International Karaoke Positif Konsumsi Sabu

Pada saat ditangkap, polisi mendapati kedua kurir sabu itu membawa sebuah tas. Setelah digeledah ternyata tas tersebut berisikan 23 paket sabu.

Berdasarkan hasil penggeledahan, 23 paket sabu tersebut dipecah menjadi 14 plastik klip besar dan sembilan plastik kecil yang sudah siap edar.

“Berat bruto secara keduanya adalah 2 kilogram (2.000 gram) sabu,” ungkap Guruh.

Baca juga: Waduh, Ada Laboratorium Sabu di Jakarta Barat, Polisi Tetapkan Tersangka dari Timur Tengah

Atas perbuatannya, mereka dijerat Pasal 114 ayat 2 subsidair Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

"Ancaman hukumannya adalah 20 tahun penjara, kemudian denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar," tutup Guruh. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved