Breaking News:

Komunitas

Pertamina Bantu Budi Daya Tambak Udang Vaname di Cilacap, Jawa Tengah, Solusi Pandemi Covid-19

Pertamina bantu budi daya udang Vaname di Cilacap, Jawa Tengah, sebagai upaya meningkatkan ekonomi rakyat di tengah pandemi Virus Corona,.

Editor: Suprapto
Gilang Sakti Perdana untuk Wartakotalive.com
Pertamina bantu budi daya udang Vaname di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (17/9/2021). Acara tersebut dihadiri Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi & Keuangan Lukmanul Hakim,  Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, perwakilan Pertamina di Cilacap  Edward Manaor Siahaan, perwakilan Perhutani KPH Banyumas, Toni Kuspuja, dan pimpinan Arus Baru Indonesia (ARBI), Guntur Subagja, dan pendamping proyek Gilang Sakti Perdana. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Pertamina membantu budi daya udang Vaname di Kawunganten, Cilacap, Jawa Tengah.

Bantuan bagi nelayan itu merupakan bagian dari tanggung jawab Pertamina untuk membantu ekonomi rakyat dan mengurangi penduduk miskin di tengah pandemi Virus Corona.   

"Jumlah penduduk miskin di Indonesia  27,54 juta orang (10,14 % dari penduduk Indonesia) yang tersebar di perkotaan dan juga pedesaan. Masalah itu diperparah dengan adanya  pandemi Covid-19," ujar Ketua Tim Pendamping Budi Daya Udang Vaname, Gilang Sakti Perdana, dalam siaran pers yang diterima Wartakotalive.com, Minggu (19/9/2021). 

Acara peresmian tambak, Jumat (17/9/2021), dihadiri Staf khusus Wakil Presiden Bidang Ekonomi & Keuangan,  Lukmanul Hakim,  Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, perwakilan Pertamina di Cilacap  Edward Manaor Siahaan, perwakilan Perhutani KPH Banyumas, Toni Kuspuja, dan pimpinan Arus Baru Indonesia (ARBI), Guntur Subagja.

Baca juga: Terus Sebarkan Kebaikan di Tengah Pandemi, Pertamina Beri Santunan untuk 2 Yayasan dan 150 Anak

Peresmian program Ekonomi Kerakyatan Berbasis Perikanan tersebut lahir dari keresahan bersama, karena pada dasarnya kemandirian ekonomi melalui pemanfaatan alam menjadi kunci utama negara dengan melibatkan masyarakat di dalamnya, kata Gilang.

"Ini adalah program nyata pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam  meningkatkan ekonomi  nelayanan lewat budi daya tambak udang Vaname," katanya.

Budi daya udang Vaname di Cilacap diharapkan mampu memberikan kontribusi besar terhadap pemenuhan target produksi udang nasional tahun 2024 yang mencapai 2 jt ton/tahun. Saat ini produksi udang Vaname baru   856.000 ton/tahun.

Toni Kuspuja mengatakan, Perhutani berkomitmen mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan, antara lain melalui pemanfaatan lahan yang dikelola Perhutani.

“Perhutani Cilacap memiliki kurang lebih 108.142.94 hektare lahan yang sebagiannya kami percayakan kepada kelompok masyarakat untuk dikelola dan menjadi lahan produktif," ujarnya.

Guntur Subagja menambahkan,  ARBI siap menjadi suksesor peningkatan ekonomi kerakyatan di setiap wilayah khususnya di Cilacap.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved