Breaking News:

Psikologi

Apa Itu Hubungan Toxic, Ciri-ciri, Contoh dan Solusi Terjebak dalam Hubungan Toxic

Toxic relationship yang berarti ‘hubungan beracun” adalah hubungan yang dapat berdampak buruk pada kebahagiaan dan kesehatan mental.

WPTV
Hubungan toxic atau toxic relationship adalah hubungan tak sehat dan berdampak buruk pada kesehatan mental. Ilustrasi ilustrasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Hubungan toxic atau toxic relationship adalah hubungan tak sehat dan berdampak buruk pada kesehatan mental.

Pengertian hubungan toxic

Sesuai dengan namanya toxic relationship yang berarti ‘hubungan beracun” adalah hubungan yang dapat berdampak buruk pada kebahagiaan dan kesehatan mental.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sedang terjebak dalam kondisi ini.

Menurut Dr Lillian Glass, seorang ahli komunikasi dan psikologi yang dalam bukunya berjudul Toxic People (1995) mendefinisikan toxic relationship adalah hubungan yang tidak saling mendukung satu sama lain.

Karena salah satu pihak berusaha memiliki kontrol yang besar terhadap pihak lain.

Meskipun setiap hubungan mengalami pasang surut, namun toxic relationship secara konsisten menguras tenaga bagi orang yang menjalaninya. Sehingga berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Adanya Ganguan Kesehatan Mental, Apa Saja

Hubungan toxic tidak terbatas hanya dalam hubungan romantis, melainkan juga bisa terjadi pada hubungan kekeluargaan, persahabatan maupun profesional. 

Ciri-ciri hubungan toxic

Sementara itu psikolog Rininda Mutia dari Universitas Indonesia menjelaskan ciri-ciri bila Anda terjebak dalam hubungan toxic atau  adalah emosi negatif yang sering muncul.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved