Breaking News:

Berita Video

Live Talkshow Kesehatan, Mengenal Invisalign: Apa Manfaat dan Bedanya dengan Behel?

invisalign Hanya untuk kasus tertentu pada grade ringan dan tidak bisa untuk kasus berat

Penulis: Ahmad Sabran | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Program LIVE Talkshow Kesehatan Warta Kota Jumat (17/9/2021) pekan ini bersama Drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati membahas tentang Mengenal Invisalign: Apa Manfaat dan Bedanya dengan Behel?

Dokter Anas menyebut, invisalign adalah alat ortodonti transparan, bukan kawat gigi transparan atau behel transparan. 

"Invisalign, adalah alat ortodonti yang wujudnya transparan, tidak menggunakan kawat dan sedang booming, pada awal kemunculannya, pasien dan dokter gigi di Indonesia harus memesan dari luar negeri, tapi sekarang sudah ada yang bisa di sini dan lebih cepat dan lebih  terjangkau untuk berbagai kalangan," ujarnya.

Ia mengatakan, seperti diketahui bersama, keunggulan alat ortodonti transparan ini adalah tampilannya yang bersih dan tidak seperti behel.

Anas menjelaskan, penggunaan invisalign tidak untuk semua kasus kondisi gigi geligi.

"Hanya untuk kasus tertentu pada grade ringan, bagaimana alat ini berfungsi? jadi tidak hanya dibuat menggunakan satu alat, tapi serangkaian alat. invisalign tidak bisa pada kasus-kasus yang berat," tuturnya.

Sedangkan cepat atau lambatnya hasil yang didapat, tergantung banyak faktor, baik dari kondisi gigi dan kedisiplinan pasien, serta faktor lainnya.

"Dengan Grade yang sama, kedisiplinan pasien yang sama, kondisi tulang yang sama, hasilnya akan sama dengan behel, jadi tidak ada yang lebih cepat. Kalau ada misalnya kasusnya ringan, hanya butuh 6 sampai 18 bulan sudah berhasil, itu dianggap lebih cepat padahal tidak bisa dibandingkan dengan kasus yang lebih berat," ujarnya. 

Ia mengatakan, dari sisi harga, invisalign tergantung dari pabriknya, atau brand, serta tergantung anomali pada gigi, karena menentukan berapa jumlah alat yang harus dipakai.

Namun demikian, jika dibandingkan alat ortodonti tipe lain, seperti behel, biasanya invisalign lebih mahal.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved