Breaking News:

Kendaraan Terkena Ganjil Genap Di Ancol, Dialihkan

Untuk penerapan ganjil genap di kawasa Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, petugas gabungan tampak bersiaga di pintu masuk Gerbang Timur

Warta Kota/ Junianto Hamonangan
Pemberlakuan ganjil genap di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (17/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai memberlakukan ganjil genap bagi kendaraan roda empat atau lebih, di kawasan wisata DKI Jakarta di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai Jumat (17/9/2021) hari ini.

Untuk penerapan ganjil genap di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, petugas gabungan tampak bersiaga di pintu masuk kawasan di Gerbang Timur TIJA.

Plang pemberitahuan pemberlakuan ganjil genap dipasang ditengah jalan, yang memisahkan antara ruas jalan yang menuju Ancol dan menuju Kemayoran. 

Kendaraan yang plat nomornya tidak sesuai dengan tanggal ganjil untuk hari ini, tidak diperkenankan masuk ke kawasan wisata TIJA.

Kendaraan lalu akan dialihkan menuju ke arah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mulai hari ini ganjil genap diterapkan di Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Saat ini kita berada di Pintu Timur Ancol. Jadi untuk pelaksanaan gage di tempat wisata untuk pertama kalinya dimulai hari ini,” ujar Sambodo, di lokasi, Jumat (17/9/2021). 

Menurut Sambodo, pemberlakuan ganjil genap akan diterapkan pada Jumat hingga Minggu, pukul 12.00-18.00 WIB.

"Ini masih bersifat trial dan error. Jadi kita akan lihat bagaimana sistem terbaik untuk pelaksanaan gage di tempat wisata. Yang pada intinya adalah untuk mengurangi terjadinya kepadatan atau kerumunan di dalam lokasi wisata,” ujar Sambodo. 

Sambodo juga memastikan tidak ada sanksi tilang atau apapun yang diberikan ke pengendara mobil yang tidak lolos pemberlakuan ganjil genap di lokasi wisata ini.

“Nggak ada. Kita berjaga di mulut-mulut pintu masuk, sehingga sanksi hanya lah dilarang masuk atau diputar balik,” ungkap Sambodo. 

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah Instruksi Mendagri Nomor 42 Tahun 2021 selain itu juga Keputusan Gubernur DKI Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level Tiga. (jhs)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved