Breaking News:

Indonesia Datangkan 1,6 Juta Dosis Vaksin Pfizer, Siti Nadia: Masyarakat Jangan Pilih-pilih Vaksin

Kedatangan vaksin tahap ke-63 ini diperoleh pemerintah melalui skema pembelian langsung.

Editor: Lucky Oktaviano
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/wsj.
Pekerja membongkar muat paket berisi vaksin Pfizer dari sebuah pesawat kargo setibanya di Terminal Cargo Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (16/9/2021). Sebanyak 36 kardus yang berisi vaksin tersebut selanjutnya dikirim ke gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk mendukung program pemerintah dalam menyediakan serta mempercepat vaksinasi Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, SURABAYA - Pemerintah kembali menambah ketersediaan vaksin Covid-19 bagi bangsa Indonesia dengan mendatangkan 1.643.850 dosis vaksin Pfizer pada 16 September 2021.

Kedatangan vaksin tahap ke-63 ini diperoleh pemerintah melalui skema pembelian langsung.

“Sejalan dengan upaya kita bersama untuk mempercepat cakupan vaksinasi nasional, Indonesia kembali mendatangkan vaksin Covid-19 sebanyak 1,6 juta," papar Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, MEpid.

"Kali ini vaksin tidak hanya mendarat di Jakarta, tetapi juga di Semarang dan Surabaya. Sehingga, rantai distribusi dapat dipersingkat dan lebih efisien, mengingat tata kelola rantai dinginnya -70C,” ujar Siti Nadia.

Baca juga: Gencar Menggelar Vaksinasi Covid-19, Moderna dan Pfizer Tersedia di Seluruh Faskes dan Sentra Vaksin

Pada Kamis (16/9/2021), sebagian vaksin tahap 63 mendarat di Semarang dan Surabaya.

Vaksin yang didatangkan ke Semarang akan digunakan untuk distribusi vaksin di Semarang dan Yogyakarta.

Sementara itu, vaksin yang akan mendarat di Jakarta pada malam ini, akan didistribusikan ke 13 titik di tiga Provinsi, yaitu Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten.

Seluruh vaksin tahap ke-63 ini merupakan hasil pembelian langsung oleh pemerintah Indonesia.

Petugas melakukan bongkar muat paket berisi vaksin Pfizer dari sebuah pesawat kargo yang tiba  di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/9/2021). Sekitar 200 ribu dosis vaksin yang datang tersebut selanjutnya didistribusikan ke gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta guna mendukung program pemerintah dalam menyediakan serta mempercepat vaksinasi Covid-19 dengan target 2 juta orang per hari. 
Petugas melakukan bongkar muat paket berisi vaksin Pfizer dari sebuah pesawat kargo yang tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/9/2021). Sekitar 200 ribu dosis vaksin yang datang tersebut selanjutnya didistribusikan ke gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta guna mendukung program pemerintah dalam menyediakan serta mempercepat vaksinasi Covid-19 dengan target 2 juta orang per hari.  (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Baca juga: Pemkot Bekasi Sediakan 100 Dosis Vaksin Perhari di Mall Summarecon Hingga Akhir September 2021

Dengan kedatangan tahap ke-63 ini, maka total vaksin yang sudah tiba di Indonesia, baik dalam bentuk bahan baku (bulk) maupun vaksin jadi, mencapai 245.731.090 dosis.

“Pemerintah terus mengupayakan ketersediaan vaksin dan mendistribusikannya ke daerah-daerah untuk segera digunakan,"kata Nadia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved