Breaking News:

Gelar Layanan Sterilisasi Kucing Peliharaan, Sudin KPKP Jakarta Utara Sebut Warga Daftar Online

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia dengan melakukan vaksinasi rabies terhadap 157 ekor kucing

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Petugas melakukan sterilisasi kucing jantan di Gazebo Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (17/9/2021) sebagai upaya untuk menekan jumlah populasi hewan peliharaan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakata Utara menggelar kegiatan sterilisasi terhadap kucing jantan yang digelar di Gazebo Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (17/9/2021).

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara Unang Rustanto mengatakan kegiatan tersebut untuk menekan populasi kucing di Jakarta Utara. 

Nantinya kucing-kucing yang akan disterilisasi bakal dicek terlebih dahulu apakah hewan itu dinyatakan dalam kondisi sehat dan cukup umur. "Setelah itu, baru dilakukan sterilisasi yang hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit,” katanya. 

Sejauh ini sterilisasi yang digelar dalam rangka kegiatan Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 September tersebut masih difokuskan pada kucing yang berpemilik. 

“Bagi warga yang ingin memanfaatkan kegiatan ini bisa mendaftar secara online karena kita sudah sebar informasi ke setiap kelurahan,” ujarnya. 

Baca juga: Presiden Joko Widodo Berikan Bonus Untuk Peraih Medali dan Semua Atlet Paralimpiade Indonesia

Baca juga: LPSK: Keluarga Korban Lapas Tangerang Harus Dapat Ganti Rugi

Adanya layanan sterilisasi kucing secara gratis di Kantor Wali Kota Jakarta Utara dimanfaatkan oleh Salbiyah, warga Kelurahan Kelapa Gading Timur. 

"Kegiatan ini bisa dibilang sangat bermanfaat buat kesehatan hewan yang kita pelihara. Kalau bisa kedepannya bisa dilakukan jemput bola di RW ataupun kelurahan biar lebih dekat," ujarnya.

Sebelumnya, Suku Dinas KPKP Jakarta Utara telah melakukan kegiatan sterilisasi kucing serupa yang dilakukan di SMAN 80 Jakarta. Hasilnya ada sebanyak 24 ekor kucing disterilisasi petugas.

Sementara, Suku Dinas KPKP KPKP Kepulauan Seribu sebeumnya juga melakukan kegiatan vaksinasi rabies terhadap sebanyak 157 ekor kucing di Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Sandrie Oktama mengatakan vaksinasi rabies tersebut dilaksanakan pada 7-8 September 2021. 

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia dengan melakukan vaksinasi rabies terhadap 157 ekor kucing,” ungkapnya.

Baca juga: Aman dan Gratis, Rudy Mengaku Senang Bisa Ikut Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Sawangan

Baca juga: Pj Bupati Bekasi Minta Pengembang Rangkul Nelayan yang Terimbas Reklamasi

Sandrie mengatakan 157 ekor kucing tersebut tersebar di Pulau Kelapa serta Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara dengan rincian yakni terdiri dari 79 ekor jantan dan 78 ekor betina.

Menurut Sandrie, pada kesempatan tersebut pihaknya juga melakukan sterilisasi terhadap ratusan ekor kucing selain vaksinasi rabies. 

“Untuk yang sterilisasi ada 132 kucing dengan rincian 74 ekor jantan dan 58 ekor betina di dua pulau penduduk,” sambungnya. 

Adapun vaksinasi rabies tersebut selain dilakukan oleh jajaran Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu dibantu Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved