Breaking News:

Berita Jakarta

Demi Jakarta Langit Biru jadi Alasan Pemprov DKI Tak Ajukan Banding soal Polusi Udara

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria beralasan, DKI tak mengajukan banding karena putusan pengadilan sejalan dengan komitmen pemerintah daerah.

Warta Kota/ Yolanda Putri Dewanti
Gubernur Anies Baswedan menyatakan tidak akan mengajukan upaya banding dan pemerintah daerah siap menjalankan putusan pengadilan demi udara Jakarta yang lebih baik, Jumat (17/9/2021). Foto dok: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (8/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta enggan mengajukan upaya banding atas kekalahannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tentang polusi udara, Kamis (16/9/2021).

Dalam putusannya, majelis hakim meminta Pemprov DKI Jakarta melakukan perbaikan kualitas udara di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria beralasan, DKI tak mengajukan banding karena putusan pengadilan sejalan dengan komitmen pemerintah daerah.

Video: Pengadilan Putuskan Presiden Jokowi dan Anies Baswedan Bersalah Sebabkan Polusi Udara di Jakarta

Komitmen yang dimaksud adalah perbaikan kualitas udara demi program Jakarta Langit Biru.

“Jakarta Langit Biru adalah komitmen kami agar Jakarta memiliki udara yang baik, yang bersih dan segar,” kata Ariza di Balai Kota DKI pada Jumat (17/9/2021).

Ariza mengatakan, sikap Pemprov DKI Jakarta itu sudah disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui media sosial Twitter di akun @aniesbaswedan.

Baca juga: Program Langit Biru, Pertamina Hadirkan Promo Pertalite di Jakarta Pusat dan Utara

Baca juga: Gelombang Kedua Covid-19 Bikin 72 ASN DKI Meninggal Dunia

Dalam postingannya pada Kamis (16/9/2021) siang, Anies menyatakan tidak bakal mengajukan upaya banding dan pemerintah daerah siap menjalankan putusan pengadilan demi udara Jakarta yang lebih baik.

Meski begitu, kata Ariza, pemerintah daerah tentu akan mempelajari putusan dari pengadilan itu sebelum dieksekusi.

Dia berjanji, bakal menyampaikan kepada publik bila putusan siap dieksekusi.

“Nanti akan kami pelajari, jadi sedang dalam proses ya nanti akan disampaikan pada waktunya,” jelas Ariza.

Baca juga: Setelah Tangsel, Pertamina Lanjutkan Program Langit Biru di Kota dan Kabupaten Tangerang

Seperti diketahui, lima pejabat negara kalah dalam gugatan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terkait polusi udara di Ibu Kota, pada Kamis (16/9/2021) kemarin.

Tergugat I Presiden RI Joko Widodo, tergugat II Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, tergugat III Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, tergugat IV Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Para tergugat dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan ketentuan dari segala peraturan perundang-undangan terkait.

Baca juga: Program Langit Biru, Bukti Masyarakat Kota Tangerang Selatan Peduli Lingkungan

“Pemprov DKI Jakarta juga memiliki visi yang sama, yaitu menyediakan udara bersih, yang merupakan hak dasar bagi siapa pun yang tinggal di Ibu Kota,” kata Anies berdasarkan keterangannya pada Jumat (17/9/2021). (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved