Breaking News:

Berita Nasional

Ajang World Superbike di Mandalika Digelar November, Menteri ESDM Pastikan Pasokan Listrik Terjamin

Penyediaan listrik ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara ITDC dan PT PLN

Editor: Feryanto Hadi
AFP
Foto udara pada 23 Februari 2019 menunjukkan proyek pengembangan pesisir Mandalika(ARSYAD ALI/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), memastikan kecukupan pasokan energi listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, termasuk pada saat event World Superbike (WSBK).

Hal tersebut dikatakan Menteri ESDM, Arifin Tasrif, saat melakukan kunjungan ke KEK Mandalika yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), kemarin (16/9/2021).

“Sistem back up UPS (Uninterruptible Power Supply) juga harus disiapkan untuk Kawasan The Mandalika,” ucap Menteri Arifin dalam keterangannya.

Baca juga: TNI AL Kerahkan 5 KRI ke Perairan Natuna, Mantan Kabais Sarankan Bakamla Diganti Coast Guard

“Secara keseluruhan, melihat perkembangan JKK yang ada di The Mandalika ini sudah bagus dan mudah-mudahan siap pada bulan November mendatang,” sambungnya.

Arifin melanjutkan, PT PLN (Persero) telah menyiapkan listrik untuk kebutuhan kelistrikan di JKK sebesar 5,19 MVA.

Penyediaan listrik ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara ITDC dan PT PLN (Persero) pada tanggal 30 Juni 2021 di Balawista, The Mandalika.

Baca juga: WSBK hingga Moto GP Bakal Digelar di Mandalika, Menteri Bahlil Optimistis Investor Bakal Mengantre

Sementara itu, Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengucapkan terima kasih dan dukungan Pemerintah melalui Kementerian ESDM, terkait suplai keandalan pasokan kelistrikan.

“Terima kasih atas perhatian dukungan luar biasa yang diberikan oleh Bapak Menteri ESDM kepada ITDC dalam kelancaran persiapan event WSBK pada November mendatang,” pungkas Arie.

Sebagai informasi, ITDC terus merampungkan pengembangan KEK Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan kawasan The Nusa Dua, Bali.

Baca juga: Keliling Satu Lap Sirkuit Mandalika, Sandiaga Uno : Bangkitkan Ekonomi Lewat Ajang Balap Kelas Dunia

Kawasan yang disebutkan di atas dipersiapkan untuk mendukung gelaran event balap motor internasional World Superbike (WSBK) November 2021, Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022, dan MotoGP pada Maret 2022. (Bambang Ismoyo)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved