Breaking News:

Kabar Jakarta

Sambut HUT PMI, Pemuka Lintas Agama Akan Mengikuti Talkshow Keberagaman Agama untuk kemanusiaan

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta melaksanakan Talkshow dengan tema Keberagaman Agama untuk Kemanusiaan pada Kamis (16/9/2021).

Warta Kota/Muhamad Fajar Riyandanu
Suasana acara peringatan HUT PMI ke 76 di Gedung PMI DKI Jakarta pada Kamis (16/9/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, SENEN - Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta melaksanakan Talkshow dengan tema Keberagaman Agama untuk Kemanusiaan pada Kamis (16/9/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian acara dalam memperingati HUT PMI ke 76 yang akan jatuh pada Jumat besok. 

Adapun pembicara dalam talkshow tersebut adalah KH. Munahar Mukhtar sebagai Ketua MUI DKI Jakarta, Chyntia Hani Tjen dari Pelayanan Misi Nafiri Allah, Maha Biksu Dutavira Sthavira sebagai Koordinator Dewan Sangha Walubi, Juswanto Prananto dari Badan Keuskupan Pembaruan Karismatik Keuskupan Agung Jakarta, dan I Dewa Nyoman Putra Suwardana sebagai Wakil Ketua Tempek Palmerah Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Banjar Jakarta Barat. 

Ketua Panitia Pelaksana HUT PMI ke 76 PMI Provinsi DKI Jakarta, Angger Sutawijaya mengatakan, Talkshow keberagaman agama untuk kemanusiaan merupakan satu dari sejumlah acara yang dilaksanakan dalam peringatan HUT PMI ke-76 di PMI Provinsi DKI Jakarta tahun 2021 ini.

Baca juga: Pasokan Darah Menipis di Masa PPKM Level 3, PMI DKI Jakarta Rajin Gelar Donor Darah

Baca juga: Nama Dicatut untuk Hoaks Megawati Soekarnoputri Meninggal, PMI DKI Jakarta Lapor ke Polda Metro Jaya

"Kolaborasi di masa pandemi berarti memfokuskan diri masing-masing pada sifat-sifat manusiawi tersebut. Tujuannya adalah agar tiap manusia perlu, dapat dan harus bekerja sama dalam melindungi satu sama lain," kata Angger saat ditemui di Gedung PMI DKI Jakarta, Senen, Jakarta Pusat pada Kamis (16/9/2021), sore. 

Ketua Bidang Anggota dan Relawan Pengurus PMI Provinsi DKI Jakarta ini mengatakan, PMI DKI Jakarta berharap para pemimpin agama dapat menggerakkan jiwa para pemeluk untuk ikut berpartisipasi dalam kebaikan dan kemanusiaan yang selama ini menjadi ruh dalam pelaksanaan orkestrasi kepalangmerahan dimana bertujuan akhir pada membangun kekuatan masyarakat sebagai wujud meningkatkan kemajuan sosial-kemanusiaan.

"Setiap agama menganjurkan para pemeluknya untuk berlomba mengejar kebaikan karena semua sepakat tentang balasan kebaikan, " sambung Angger. 

Dipastikan Angger, para pemuka agama akan bersepakat bahwa PMI sejauh ini berperan penting dalam tatanan kehidupan yang bernuansa pada kebaikan bersama.

Baca juga: Belum Capai Target, PMI DKI Jakarta Ajak Para Penyintas Covid-19 Aktif Donorkan Plasma Konvalesen

Baca juga: Disinfektan Ramah Lingkungan Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, PMI DKI Jakarta Ajarkan Cara Membuatnya

Pengolahan darah, penanggulangan Covid-19, bantuan sosial kebencanaan, dan pengembangan sumber daya manusia merupakan sebagian dari apa yang telah dan akan dilakukan.

"Talkshow ini coba menggugah empati dan simpati pemeluk agama untuk bersama-sama dalam jalan kemaslahatan dan kemanfaatan dari keberagaman Agama kita sebagai bangsa Indonesia," ujar Angger. 

Pada kesempatan tersebut hadir pula Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Efendi. Di sesi sambutan, ia mengucap banyak terima kasih kepada pegawai dan relawan PMI DKI Jakarta karena telah ikut dalam upaya penanganan Covid-19.

Adapun upaya yang dimaksud oleh Rustam yakni pelaksanaan vaksinasi, kebutuhan darah dan plasma konvalesen, dan penyemprotan disenfektan. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada 400 pegawai dan relawan yang telah bekerja setiap hari dalam upaya penanganan Covid-19," pungkas Rustam Efendi. (M29)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved