Breaking News:

Virus Corona

Ingin Cek Kondisi Tubuh Setelah Terpapar Covid-19? Aplikasi Ini Sediakan Telekonsultasi

Memperhatikan kondisi tubuh setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 menjadi hal penting. Konsultasi online atau telekonsultasi bisa jadi pilihan.

Editor: Eko Priyono
Istimewa
Telekonsultasi menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi tubuh pascaterpapar Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Setelah sembuh dari Covid-19, ada kemungkinan organ-organ tubuh manusia mengalami kerusakan. Pasien yang baru dinyatakan sembuh tetap membutuhkan perhatian khusus.

Demikian dokter Jane Soepardi dalam paparan webinar kesehatan bertema "3rd Shoot of COVID-19 Vaccination (What, When and Where)" yang berlangsung belum lama ini.

Menurutnya hal penting yang sering terlewatkan adalah kejadian pasca-Covid yaitu kerusakan organ-organ setelah pasien dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Baca juga: Tiga Kali Gagal Vaksin Karena Tensi Tinggi, di Cimanggis Depok Sudarsono Lega

Baca juga: Jonathan Frizzy Dirawat di RS, Dhena Devanka Mangkir Tanpa Alasan Saat Sidang Perdana Cerai Digelar

Baca juga: Telemedicine Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Tetap Terkontrol saat Masa Pandemi Covid-19

Jane menyebut kendati gejalanya ringan, setelah dinyatakan sembuh seorang pasien masih dimungkinkan mengalami gangguan pada jantung, paru-paru, otak, stroke, hingga pembekuan darah.

"Namun karena tidak ada pemantauan, kematian pasca-Covid belum terdata. Karena itu, pemantauan pasien pasca-Covid penting dilakukan," kata Jane melalui keterangan pers yang diterima, Kamis (16/9/2021).

Salah satu yang bisa dilakukan, lanjut Jane, adalah memeriksakan diri ke dokter. Mengingat kondisi PPKM, konsultasi bisa dilakukan dalam jaringan (daring/online). Istilahnya telemedicine.

Aplikasi Aido Health yang menjadi salah satu kolaborator resmi Kementerian Kesehatan RI dalam penanggulangan Covid-19, memberikan layanan tersebut.

Beragam fitur tersedia di antaranya konsultasi isoman, telekonsultasi dengan dokter-dokter spesialis dan umum terkait kondisi pasca-Covid.

Aplikasi kesehatan ini juga terintegrasi dengan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, laboratorium, dan farmasi.

"Kami berharap dengan adanya fitur konsultasi Isoman dengan dokter-dokter dari EMT IDI, masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan yang terpercaya dan bisa diakses dari rumah, khususnya mereka yang membutuhkan layanan isoman dan juga pasca-Covid," kata Wakil Sekjen PB IDI, Dr Fery Rahman.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved