PMI Jakbar Buka Layanan Donor Darah 24 Jam, Begini Cara Daftarnya!

Salah satu upaya yang dilakukan agar stok darah selalu ada, katanya dengan melayani pendonor darah selama 24 Jam.

Warta Kota/ Ikhwana Mutuah Nico
Ketua PMI Jakarta Barat Baharuddin 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Persediaan stok darah di Unit Donor Darah PMI Jakarta Barat masih terpenuhi sampai Rabu (15/9/2021).

Ketua PMI Jakarta Barat Baharuddin mengungkapkan bahwa stok darah yang ada saat ini masih bisa memenuhi untuk pengiriman ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan.

Meskipun demikian, menurut Baharuddin pihaknya tetap berupaya untuk terus maksimal menambah ketersediaan stok darah ini.

"PMI Jakbar berupaya untuk tetap ada stok darah, karena stok ini sangat dibutuhkan oleh pasien yang ada di rumah sakit, dan sewaktu-waktu membutuhkan," ungkapnya kepada Wartakotalive.com, di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (15/9/2021).

Salah satu upaya yang dilakukan agar stok darah selalu ada, katanya dengan melayani pendonor darah secara sukarela, selama 24 Jam.

"Jika seumpama stok darah di PMI Jakbar habis dan ada yang membutuhkan, maka bisa menggunakan cara donor langsung ataupun donor pengganti," tambahnya.

Perlu diketahui donor pengganti atau pendonor langsung ini dilakukan atas permintaan keluarga pasien dan harus menggunakan surat permintaan dari Rumah Sakit.

"Donor pengganti dan donor langsung ini merupakan atas permintaan pasien ya, atau atas permintaan keluarga pasien berdasarkan rekomendasi dari rumah sakit," katanya.

Cara melakukan donor darah kata dia ada beberapa tahap yang harus dilewati.

Pertama yang harus dilakukan calon pendonor, ialah melakukan pengisian formulir.

Saat melakukan pengisian formulir, calon pendonor harus mengisi identitas asli agar bisa dilakukan pemeriksaan apakah pendonor bisa melakukan donor darah atau tidak.

Setelah itu calon pendonor akan diarahkan untuk melakukan tensi terlebih dahulu.

Hal ini guna mengetahui tekanan darah si calon pendonor.

Selanjutnya calon pendonor akan diperiksa oleh dokter, untuk diketahui apakah calon pendonor bisa mengikuti donor darah atau tidak.

"Setelah itu dokter dan perawat donor, menganjurkan duduk di kursi donor, dan pendonor dapat melangsungkan donor," katanya.

Banyaknya darah yang akan diambil saat donor darah katanya biasanya sebanyak 350 CC, sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. (m30)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved