Breaking News:

LRT Jabodebek Ditargetkan Beroperasi Juni 2022

Pengerjaan dan penyiapan sarana, prasarana dan segala fasilitasnya saat ini terus dikebut dan dilengkapi.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Pengangkatan kereta LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (13/10/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Transportasi massal Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, ditargetkan bakal beroperasi pada Juni 2022 mendatang.

Pengerjaan dan penyiapan sarana, prasarana dan segala fasilitasnya saat ini terus dikebut dan dilengkapi.

Keberadaan LRT Jabodebek dinilai dapat menunjang kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah Ibu Kota dan sekitarnya.

Vice President Public Relations Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan, progres pembangunan prasarana LRT Jabodebek sampai September 2021 mencapai 94,36 persen.

Rinciannya, lintas pelayanan I Cawang- Harjamukti sebesar 98,98 persen, lintas pelayanan II Cawang - Dukuh Atas sebesar 90,7 persen, dan lintas pelayanan III Cawang - Jatimulya sebesar 91,8 persen.

“Selanjutnya progres akses stasiun sebesar 42,71 persen, konstruksi depo sebesar 51,39 persen, sarana sebesar 64,70 persen dan integrasi sebesar 35,49 persen,” kata Joni dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Joni mengatakan, untuk memastikan proyek LRT Jabodebek beroperasi tepat waktu, KAI diusulkan menerima penyertaan modal negara (PMN) di tahun 2021 sebesar Rp 2,7 triliun.

Dana ini rencananya akan digunakan untuk pemenuhan cost overrun (pembengkakan biaya) proyek LRT Jabodebek atas dampak kemunduran penyelesaian proyek tersebut.

Diharapkan nantinya LRT Jabodebek akan menjadi moda transportasi andalan masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Ibu Kota.

“KAI berterima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam pembangunan proyek LRT Jabodebek ini. KAI terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan LRT Jabodebek beroperasi dalam waktu yang ditentukan yaitu pertengahan 2022,” ujar Joni. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved