Breaking News:

Kabupaten Bogor Nihil Desa Tertinggal, Akademisi IPB Apresiasi Kinerja Bupati Ade Yasin

Akademisi IPB mengapresiasi kinerja BUpati Bogor Ade Yasin karena di Bogor kini tak ada area dengan status desa tertinggal.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Hironimus Rama
Akademisi IPB mengapresiasi kinerja Bupati Bogor Ade Yasin yang mampu meningkatkan status empat desa sehingga di wilayah Bogor kini tak ada area berstatus desa tertinggal. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Kabupaten Bogor berhasil mengentaskan 4 desa tertinggal menjadi desa berkembang pada 2021 ini.

Hal ini membuat Kabupaten Bogor tidak lagi memiliki desa tertinggal atau zero desa tertinggal saat ini.

Menurut data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, saat ini terdapat 48 desa mandiri, 188 desa maju, 180 desa berkembang dan nihil desa tertinggal di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pemkab Bogor Sukses Tingkatkan Status Empat Desa Tertinggal, Ade Yasin Dipuji Akademisi IPB

Prestasi ini mendapat acungan jempol dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Wakil Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM IPB) Sofyan Syaf bahkan menobatkan Bupati Bogor Ade Yasin sebagai Ibu Pembangunan Desa.

"Alhamdulillah di Kabupaten Bogor ini sudah zero desa tertinggal atau tidak ada lagi desa tertinggal. Ini luar biasa," kata Sofyan, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Di Tengah Pandemi Covid-19, Kabupaten Bogor Tak Ada Lagi Desa Tertinggal, Ini Kata Ade Yasin

Menurut dia, keberhasilan ini merupakan hasil perjuangan Bupati Bogor Ade Yasin bersama Pemerintah Kabupaten Bogor yang fokus membangun desa-desanya.

"Ini merupakan pondasi besar, untuk mendorong desa-desa di Kabupaten Bogor sebagai desa-desa percontohan yang dapat menjawab tantangan The New Economics Growth," papar Sofyan.

Dia menambahkan ketokohan Bupati Bogor dapat mencerahkan Indonesia, karena sangat sulit sekali menemukan Kepala Daerah yang mau betul-betul fokus dalam pembangunan desa.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Kabupaten Bogor Tuntaskan Desa Tertinggal dan Ukir Prestasi Kabupaten Layak Anak

"IPB University akan dorong Bupati Bogor menjadi Ibu Pembangunan Desa,” ungkap Sofyan.

Sofyan juga memuji terobosan Bupati Bogor dalam menginisiasi peningkatan kapasitas para aparatur desa, serta para pemuda-pemudi yang ada di desa, melalui Sekolah Pemerintahan Desa.

"IPB akan setulus hati berkomitmen, membantu Kabupaten Bogor dalam melaksanakan pembangunan desa," ujarnya.

“Mudah-mudahan apa yang sudah diusung oleh Bupati Bogor ini, menjadi bagian penting sebagai contoh keteladanan yang dapat ditiru untuk pembangunan desa-desa di Indonesia,” pungkas Sofyan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved