Breaking News:

DPRD DKI: Sumur Resapan Hanya Mengurangi Banjir

"Untuk daerah cekungan lumayan. Ini menghindari banjir sih tidak, sifatnya hanya membantu mengurangi saja,"

Warta Kota/ Yolanda Putri Dewanti
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah saat diwawancarai awak media di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (13/09/21) 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR -- Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mengatakan keberadaan sumur resapan di daerah cekungan memang cukup efektif, namun hanya mengurangi banjir.

"Untuk daerah cekungan lumayan. Ini menghindari banjir sih tidak, sifatnya hanya membantu mengurangi saja," ucap Ida di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (13/9/2021).

Ia juga beranggapan dalam pelaksanaannya dapat menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan.

"Sumber resapan ini kan seperti yang kita sampaikan bisa lewat csr bisa lewat perusahaan-perusahaan yang membuat, berbicara APBD seperti ini harusnya Pemda melakukan itu," ucapnya.

Ida memastikan bahwa perusahaan tersebut pasti mau apabila Pemerintah Daerah (Pemda) yang memintanya.

Selain itu juga dapat dilakukan secara gotong royong kerjasama dengan masyarakat.

"Pasti mau. Kalau Pemda yang meminta kan tidak ada salahnya kalau perusahaan itu membuat beberapa sumber resapan tidak mahal kok. Apalagi kalau dibuat sendiri atau gotong royong kerjasama dengan masyarakat, saya yakin ini murah dan mudah," katanya.

Menurutnya, saat ini di beberapa wilayah sudah mulai bergerak melakukan pengurasan atau perbaikan got yang selama ini tersumbat.

"Dan alhamdullilah saya cek di beberapa wilayah sudah mulai gerak pengurasan pengurasan atau perbaikan got yang memang selama ini tersumbat," jelasnya.

Lanjutnya, ia juga berharap agar tidak ada kiriman air dari Bogor. Maka dari itu dirinya meminta Sekda agar mengecek got-got yang dikawasan padat penduduk.

"Mudah-mudahan Allah tidak turunkan hujan yang lebat atau besar di Jakarta dan tidak ada kiriman air dari Bogor. Saya kemarin minta dengan Pak Sekda untuk segera memperbaiki got-got yang sifatnya ada didaerah padat penduduk," tutupnya.(m27)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved