Kebakaran Lapas Tangerang

Antasari Azhar Sebut Choirul Anam tak Paham Kondisi Lapas Kelas I Tangerang

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar, mengatakan pernyataan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam soal Lapas Kelas I Tangerang terkesan asal.

Penulis: Valentino Verry | Editor: Valentino Verry
Alija Berlian Fani
Antasari Azhar tak sependapat dengan pernyataan Komisioner Komnas HAM Choirul Anam yang menyebut Lapas Kelas I Tangerang tak manusiawi. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Mantan Ketua KPK yang pernah ditahan di Lapas Kelas I Tangerang, Antasari Azhar, tak sependapat dengan penilaian Komisioner Komnas HAM, Choirul anam.

Menurut Antasari, pernyataan Choirul bahwa Lapas Kelas I Tangerang tidak manusiawi sehingga terjadi kebakaran hebat, adalah sebuah asumsi tanpa solusi dan terlalu dini.

Baca juga: Nama Dicatut untuk Hoaks Megawati Soekarnoputri Meninggal, PMI DKI Jakarta Lapor ke Polda Metro Jaya

"Pernyataan Komnas HAM bahwa kehidupan di Lapas Kelas 1 Tangerang tidak manusiawi saya rasa kurang tepat dan terlalu dini,” ujarnya, Selasa (14/9/2021).

Sebelumnya, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam menilai bangunan lapas Kelas I Tangerang yang terbakar itu tidak manusiawi, dan tidak layak dari segi keamanan.

Choirul menilai di lapas tersebut masih terdapat bangunan yang terbuat dari triplek yang mudah terbakar.

Dia pun meminta ke depan ada perombakan atau evaluasi dari segi bangunan agar layak sebagai tempat membina narapidana kembali ke masyarakat.

"Oleh karena itu bangunan harus didaur ulang. Agar semua petugasnya aman dan penghuninya juga aman," tutur Choirul.

Namun, menurut Antasari, Choirul tak memahami keadaan di dalam Lapas Kelas I Tangerang.

Baca juga: Sri Mulyani Akui Kualitas Laporan Keuangan Pemda Meningkat, 89 Persen Dapat Opini WTP

“Apakah mereka pernah tinggal di Lapas Tangerang seperti saya, mereka kan tidak pernah  tinggal dan hidup di lapas seperti saya,” imbuhnya.

“Lalu kalau tidak manusiawi apa solusi mereka, toh tidak ada solusi juga kan? Sejak dulu dikatakan lapas tidak manusiawi, namun juga tidak pernah ada solusi," kata Antasari.

Baca selengkapnya di TribunBekasi.com>>>>>Antasari Azhar Anggap Komisioner Komnas HAM tak Paham Kondisi Lapas Kelas I Tangerang

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved