Breaking News:

Berita Nasional

WSBK hingga Moto GP Bakal Digelar di Mandalika, Menteri Bahlil Optimistis Investor Bakal Mengantre

Bahlil Lahadalia menyebut, potensi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat, masih sangatlah besar.

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
Kompas.com
Sirkuit Mandalika 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, potensi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat, masih sangatlah besar.

Agar potensi ini dapat dikembangkan secara maksimal, pihaknya akan memberikan dukungan dengan mendatangkan investor.

Hal tersebut dikatakan Menteri Bahlil setelah melakukan kunjungan ke KEK Mandalika yang dikelola dan dikembangkan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Kunjungan ini merupakan wujud dukungan Kementerian Investasi terhadap pengembangan KEK Mandalika dan penyelenggaraan event World Superbike (WSBK) pada November mendatang.

Baca juga: Teken Perjanjian dengan ITDC, PLN Jamin Zero Down Time di Sirkuit MotoGP Mandalika

“Saya sangat mengapresiasi bahwa pemberlakukan insentif di KEK Mandalika telah terimplementasi baik, tenant telah bisa menikmati insentif fiskal berupa PPN tidak dipungut,” ucap Bahlil dalam keterangannya, Minggu (12/9/2021).

“Hal ini tentunya merupakan sweetener bagi investor yang menanamkan modalnya di KEK Mandalika. Kita akan support dengan menjual potensi KEK Mandalika kepada investor,” sambungnya.

Dalam kunjungannya ini, Menteri Bahlil juga berkesempatan mendatangi Kuta Beach Park dan menjajal Mandalika International Street Circuit.

Baca juga: Momen Berbagi Ilmu, Empat Pembalap Pertamina Mandalika SAG Team Latihan Bersama di Sirkuit Catalunya

“Saya juga telah melihat  progress dan menjajal Street Circuit ini. Sirkuit ini memiliki keindahan dan keunikan dibanding sirkuit lain. Apabila penyelenggaraan MotoGP sudah berlangsung sekali saja di tempat ini, saya yakin banyak investor yang akan berinvestasi di The Mandalika,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam menyambut event WSBK pada bulan November mendatang.

Dengan dukungan yang kuat dari semua, dirinya yakin event WSBK dapat terselenggara dengan lancar dan membawa manfaat positif yang besar bagi NTB.

Keliling Satu Lap Sirkuit Mandalika, Sandiaga Uno : Bangkitkan Ekonomi Lewat Ajang Balap Kelas Dunia

Baca juga: Sandi Optimistis Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2021, Hutama Karya Ikut Garap Proyek KEK Mandalika

“Di samping menyiapkan event WSBK, kami akan terus fokus membangun infrastruktur dan fasilitas dasar kawasan guna meningkatkan nilai jual destinasi wisata yang kami kelola ini,” ucap Arie.

“Dengan harapan agar dapat menarik minat investor sebanyak mungkin untuk menanamkan modal di The Mandalika,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, hingga saat ini, total komitmen investasi yang telah diperoleh ITDC sebesar Rp17 Triliun terdiri dari Master Land Utilization & Development Agreement (LUDA) VINCI Construction Grands Projets (VCGP) USD 1 milyar (setara Rp14 triliun) yang akan dilakukan bertahap selama 15 tahun, dan LUDA dengan tujuh strategic investor yang berkomitmen bangun hotel senilai total Rp3 triliun. (Bambang Ismoyo)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved