Breaking News:

Vaksinasi Covid19

UPDATE Covid-19 Jakarta Per 12 September 2021, Perkembangan Kasus dan Vaksinas Masih Fluktuatif

Kasus Covid-19 di Jakarta masih berfluktuasi sampai saat ini sehingga diperlukan kerjasama semua kalangan untuk mengatasinya.

Warta Kota/ Miftahul Munir
Warga RW 06 Jalan Sambiloto, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19, Selasa (7/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemerintah provinsi DKI Jakarta terus melakukan berbagai upaya dalam menekan penyebaran angka kasus Covid-19.

Kendati demikian, masih dibutuhkan peran serta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Untuk itu, mengingat vaksinasi Covid-19 saat ini hanya mengurangi dampak keterpaparan, masih terdapat kemungkinan tertular dan menularkan virus Covid-19 jika longgar terhadap protokol kesehatan dalam keseharian.

Baca juga: KABAR GEMBIRA: Mulai 14 September KAI Hapus Syarat STRP KA Lokal, Cukup Bukti Vaksinasi Covid-19

Hal ini terlihat dari kasus positif yang masih fluktuatif dan kini mengalami kenaikan. Butuh kerja bersama untuk memutus rantai penularan ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menjelaskan berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan tes PCR sebanyak 21.051 spesimen.

"Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 19.577 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 306 positif dan 19.271 negatif. Selain itu, dilakukan pula tes Antigen hari ini sebanyak 16.924 orang dites, dengan hasil 41 positif dan 16.883 negatif," kata Dwi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/09/21).

Baca juga: KABAR GEMBIRA, Pemkab Bekasi Segera Buka Sejumlah Tempat Wisata Seiring Penurunan Kasus Covid-19

Lanjutnya, ia juga menyampaikan, target tes WHO adalah 1.000 orang dites PCR per sejuta penduduk per minggu (bukan spesimen), artinya target WHO untuk Jakarta adalah minimum 10.645 orang dites per minggu.

"Target ini telah Jakarta lampaui selama beberapa waktu. Dalam seminggu terakhir ada 116.573 orang dites PCR. Sementara itu, total tes PCR DKI Jakarta kini telah mencapai 562.705 per sejuta penduduk," terangnya.

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta turun sejumlah 31 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai dengan 12 September sebanyak 3.941 (orang yang masih dirawat/ isolasi).

Baca juga: Kondisi Mental Penderita Long Covid-19 Rentan Terpengaruh, Akibat Gejala Penyakit yang Terus  Muncul

Sedangkan, jumlah kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sampai per 12 September sebanyak 854.742 kasus. Perlu diketahui, hasil tes antigen positif di Jakarta tidak masuk dalam total kasus positif karena semua dikonfirmasi ulang dengan PCR.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved