Helikopter Yang Jatuh di Bandar Udara Budiarto Curug, Sempat Terbang Mundur Sebelum Lepas Landas

"Tadi itu saya lihat, saat pertama helikopternya terbang, posisinya itu kok mundur kebelakang,"

Warta Kota/ Nur Ichsan
Bandar Udara Budarto Curug 

WARTAKOTALIVE.COM, CURUG -- Helikopter Bell 429 PK-CAW jatuh di landasan Bandar Udara Budiarto, Curug, Kabupaten Tangerang, Senin (13/9/2021) pukul 10.25 WIB.

Sarkam, warga sekitar yang berjualan di dekat lokasi kejadian, mengaku sempat melihat helikopter tersebut mengarah ke belakang atau mundur, saat lepas landas, sebelum akhirnya jatuh.

"Tadi itu saya lihat, saat pertama helikopternya terbang, posisinya itu kok mundur kebelakang," ujar Sarkam kepada Wartakotalive.com, di Jalan PLP Curug, Desa Rancagong, Legok, Kabupaten Tangerang, Senin (13/9/2021).

"Saya beberapa kali melihat, kalau helikopter mau terbang itu, posisinya lurus vertikal ke atas, baru jalan. Loh kok ini malah mundur, gitu pikir saya," imbuhnya.

Sarkam juga mengatakan, sekira tiga menit setelah terjatuh, helikopter milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) itu langsung didatangi petugas Pemadam Kebakaran.

Petugas damkar, langsung mengevakuasi pilot dan co-pilot, serta seorang personel lainnya dari helikopter tersebut.

"Setelah pesawat itu jatuh, tiga menit kemudian, langsung datang tim pemadam kebakaran dan diikuti oleh petugas lainnya," kata Sarkam.

Lebih lanjut Sarkam menambahkan, setelah seluruh kru dikeluarkan, sekeliling lokasi jatuhnya helikopter langsung ditutupi menggunakan terpal.

Kemudian, sekira pukul 15.30, terpal yang menutup area badan helikopter dibuka. Petugas lalu melakukan evakuasi bangkai badan helikopter.

Pantauan Wartakotalive.com, Senin pukul 17.30, sudah tidak ada lagi badan helikopter yang mengalami kecelakaan tersebut.

Dari kejauhan, tampak sebuah unit mobil pemadam kebakaran dan beberapa kendaraan milik petugas lainnya di lokasi kejadian.

"Iya udah diangkutin semua badan helikopternya pake crane. Barusan yang terakhir diangkat itu bagian depan helikopternya," kata Sarkam.(m28)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved