Kebakaran Lapas Tangerang

Antasari Azhar Ingin Kemenkumham Tambah Jumlah Sipir, Bukan Bangun Lapas Baru

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar, mengusulkan Kemenkumham agar menambah jumlah sipir, ketimbang bangun lapas baru.

Penulis: Valentino Verry | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Henry Lopulalan
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar mengusulkan agar Kemenkumham menambah jumlah sipir. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Mantan Ketua KPK yang pernah ditahan di Lapas Kelas I Tangerang, Antasari Azhar, berharap kebakaran hebat di lapas itu menjadi bahan evaluasi internal Kemenkumham.

“Karena kalau kita lihat saat ini ada perbandingan rasio yang jauh antara jumlah sipir dengan jumlah narapidana, sehingga lapas jadi sangat tidak ideal. Mungkin satu sipir berbanding dengan 50 orang narapidana, jelas ini tidak sesuai,” ucapnya, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Lakukan Restorasi Justice, Polisi Proses Penghentian Kasus Dugaan Penggelapan Keyboardis David Noah

Menurut Antasari, kelebihan di Lapas Tangerang sudah 400 persen, itu artinya ada banyak yang tidak dapat terawasi.

“Ketika ada peristiwa kebakaran seperti kemarin, tentu akan sangat sulit untuk diatasi, akibat keterbatasan sipir tadi,” tegasnya.

Jebolan Universitas Sriwijaya ini menyatakan berdasarkan pengalaman pribadi selama menjalani masa hukuman di Lapas Kelas I Tangerang, dia melihat rasio antara tenaga sipir dan penghuni jadi kian tak seimbang.

“Dulu tahun 2011 ketika saya di sana, penghuninya baru 1.000-an, setelah beberapa bulan saya keluar jadi 2.000-an, sekarang kabarnya sudah lebih dari itu,” ucapnya.

Baca juga: Kantor DPRD DKI Dikepung Ratusan Orang Berpakain Hitam, Massa Desak Anies Batalkan Formula E

Mantan Kasubdit Penyidikan Kejagung ini menyatakan dulu ketika dirinya berada di dalam lapas, dia pernah ditunjuk sebagai kepala pengamanan yang berasal dari napi untuk membantu para sipir.

“Karena memang jumlah sipirnya terbatas sehingga harus dibantu,” ujarnya.

“Kalau kondisi aman sih, mungkin para sipir terlihat cukup, namun jika sudah ada keributan baru terlihat para sipir kewalahan,” lanjutnya.

“Maka ketika itu kami diperbantukan membuat pengamanan diantara blok, sehingga pernah kami bikin acara panggung gembira bagi napi yang diperkirakan akan rusuh ternyata aman, karena memang sudah terbentuk tim keamanan untuk membantu sipir lapas agar tidak ada kerusuhan,” tuturnya.

Baca juga: Alami Tindak Kekerasan Seksual Usai Dinikahi Siri Ayah Taqy Malik, Marlina Octoria: Saya Tidak Kuat!

Baca selengkapnya di TribunBekasi.com>>>>Antasari Azhar Ingin Kemenkumham Jadikan Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Sebagai Evaluasi Internal, 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved