Breaking News:

Virus Corona

LIMA Hal Perlu Disiapkan untuk Lakukan Transisi dari Pandemi ke Epidemi Covid-19

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menyampaikan lima hal yang perlu disiapkan agar dapat melakukan transisi dari pandemi ke epidemi.

Wartakotalive.com
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito saat menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI pada Senin (14/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Tren penurunan kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan bahwa penerapan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM terbukti membuahkan hasil nyata.

Beberapa hari lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan menyampaikan, DKI Jakarta telah memasuki fase zona hijau Covid-19.

Karenanya, saat ini muncul wacana Indonesia sedang menyambut era epidemi Covid-19, setelah selama satu setengah tahun lebih kita hidup dalam suasana pandemi Covid-19.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito menyampaikan lima hal yang perlu disiapkan agar dapat melakukan transisi dari pandemi Covid-19 menuju epidemi.

Ganip yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap seluruh pesan penting ini dapat dijalankan dan dilakukan secara disiplin guna menjadikan momentum positif ini sebagai masa transisi dari pandemi menuju epidemi.

"Ini harapan saya selaku Kasatgas, untuk bisa pada posisi yang sedang menurun ini untuk bisa dijadikan masa transisi dari pandemi menuju epidemi," ujar Ganip dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Pandemi Covid-19 Menjadi Alasan Bagi Fraksi NasDem DPRD DKI Terlambat Mengajukan LHKPN kepada KPK

Baca juga: Wagub DKI Ahmad Riza Patria Apresiasi Semangat Kemanusiaan PWNU DKI Selama Masa Pandemi Covid-19

Ada lima poin penting yang perlu menjadi perhatian bersama.

Pertama, mengenai Protokol Kesehatan (Prokes) 3M, masyarakat harus lebih di edukasi, sosialisasi dan mitigasi terhadap perubahan perilaku.

Pembentukan posko PPKM berbasis mikro juga perlu dibuat.

Selain itu, pembentukan Satgas prokes di fasilitas umum juga dinilai perlu, hal ini bertujuan sebagai basis pengendalian di seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: MALAM Ke-2 Crowd Free Night di SCBD, Kemang, Asia Afrika, Sudirman-Thamrin, Knalpot Bising Ditindak

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved